Text
Pembelajaran membaca dan menulis permulaan anak usia 3-6 tahun (Studi kasus di lembaga kursus dan bimbingan belajar English Course And Training, Jakarta Timur tahun 2012
ABSTRAK
SANTY RAHAYU, Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan Anak Usia 3-6 Tahun (Studi Kasus di Lembaga Kursus dan Bimbingan Belajar English Course and Training). Skripsi. Jakarta : Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 2012.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran membaca dan menulis permulaan pada anak yang dilaksanakan di Lembaga Kursus dan Bimbingan Belajar English Course and Training (ECT). Komponen yang menjadi fokus penelitian adalah tujuan pembelajaran, materi yang dikembangkan, metode, media yang digunakan dan evaluasi yang dilakukan dalam pembelajaran membaca dan menulis permulaan di ECT.
Penelitian ini dilaksanakan di ECT, Cipinang Muara, Jakarta Timur. Penelitian ini berlangsung selama satu bulan, tepatnya bulan Juni-Juli 2012. Pemilihan ECT sebagai tempat penelitian adalah karena hanya ECT yang bersedia memberikan kesempatan kepada peneliti untuk melakukan setiap tindakan untuk kepentingan penelitian dari wawancara, observasi sampai dokumentasi, sementara tempat lain tidak bersedia memberikan ijin tersebut kepada peneliti.
Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara terstruktur dan wawancara tidak terstruktur serta dilengkapi dengan dokumentasi. Data yang telah didapat dideskripsikan secara tertulis dalam bentuk laporan, kemudian direfleksikan dengan teori-teori dari para ahli.
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah tujuan dari pembelajaran membaca dan menulis yang dilakukan adalah sebagai bekal untuk persiapan ketika di sekolah dasar, materi pembelajaran yang dikembangkan adalah mengenal huruf, suku kata, kata yang memiliki konsonan ganda dan awalan serta akhiran. Metode yang digunakan adalah metode iqro dan pemberian tugas. Media yang digunakan hanya buku paket dan buku tulis. Evaluasi yang dilakukan adalah dengan sistem ujian pada setiap akhir periode belajar.
Implikasi dari penelitian ini adalah pihak ECT harus lebih meningkatkan pengetahuan, wawasan, dan pemahaman tentang pembelajaran membaca dan menulis permulaan yang sesuai dengan tahapan perkembangan anak.
Bibliografi : lembar 125-127~No Inv.: 162/S/Perp/13/1c
SW00014274 | SW 14274 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2012.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain