Text
Hubungan antara biaya kualitas dengan penjualan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)
ABSTRAK
SRI UTAMI. Hubungan Antara Biaya Kualitas Dengan Penjualan Pada
Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. 2012.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang seberapa jauh hubungan antara Biaya Kualitas dengan Penjualan pada perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian metode survey dengan pendekatan korelasional. Sedangkan data yang diperoleh berasal
laporan keuangan yang didapat dari penelitian di Bursa Efek Indonesia. Populasi terjangkau dari penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang mencantumkan komponen biaya kualitas selama tahun 2009 – 2011 yang terdaftar di Bursa Efek
Indonesia. Dengan jumlah keseluruhan populasi 35 perusahaan. Sampel diambil dengan menggunakan teknik sample random sampling sesuai tabel Isaac dan Michael dengan taraf signifikansi 95% (kesalahan 5%) sehingga diperoleh sebanyak 32 perusahaan. Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah dengan
mencari persamaan regresi yang didapat adalah Ŷ = 4169,69 - 42,41X .
Selanjutnya adalah uji normalitas galat taksiran regresi atas X dengan menggunakan uji liliefors dan diperoleh Lo = 0,1497 dibandingkan dengan Ltabel pada taraf signifikan 0,05 sebesar 0,1566 maka Lo < Lt. Hal ini berarti galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Untuk uji keberartian regresi diperoleh Fh
(5,36) > Ft (4,15) ini membuktikan bahwa regresi berarti. Sedangkan uji kelinieran menghasilkan Fh (0,26) < Ft (2,46), ini berarti model regresi yang dipakai linear. Uji koefisien korelasi product moment menghasilkan rxy = -0,38.
Kemudian dilanjutkan dengan uji signifikan koefisien dengan menggunakan uji t.
Hasil yang diperoleh adalah thitung sebesar 2,25, sedangkan ttabel pada dk = n – 2 = 30 dan taraf signifikansi 0.05 adalah 1,70 berarti thitung > ttabel. Selain itu, diperoleh Uji Koefisien Determinasi sebesar 14,44% yang berarti bahwa
Penjualan ditentukan sebesar 14,44% oleh adanya Biaya Kualitas. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan negatif antara Biaya Kualitas dengan Penjualan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
Hal ini berarti jika semakin rendah Biaya Kualitas yang dikeluarkan maka akan semakin tinggi Penjualan.
Kata kunci : biaya kualitas, penjualan
Bibliografi : lembar 69~No Inv.: 2109/S/Perp/13/1c
SW00014794 | SW 14794 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2012.002) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - PENYIANGAN SKRIPSI 2023 |
Tidak tersedia versi lain