Text
Pendidikan karakter dalam mata pelajaran PKn untuk membangun kecintaan terhadap bangsa Indonesia
ABSTRAK
DE NEFY IRAWATI, Pendidikan Karakter Dalam Mata Pelajaran PKn Untuk Memangun Kecintaan Terhadap Bangsa Indonesia. Skripsi, Jakarta : Program Studi PPKn, Jurusan Ilmu Sosial Politik, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, Juni 2012.Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris tentang pendidikan karakter dalam mata pelajaran PKn untuk membangun kecintaan terhadap bangsa Indonesia. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Rangkasbitung yang terletak di JL. R.T. Hardiwinangun No.24 Rangkasbitung, Provinsi Banten. Waktu Penelitian terhitung dari bulan Februari 2012 sampai April 2012.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, angket. Observasi dilakukan dengan cara melihat, mengamati serta mencatat proses pembelajaran. Wawancara dilakukan terhadap 3 (tiga) orang informan yaitu kepala sekolah, wakasek kurikulum, guru mata pelajaran PKn kelas XI. Angket dilakukan dengan diberikan kepada siswa yang berjumlah 29 orang di kelas XI IPA 2.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter dalam mata pelajaran PKn untuk membangun kecintaan terhadap bangsa Indonesia di SMAN 1 Rangkasbitung adalah dengan cara guru melakukan pembiasaan-pembiasaan positif yang dilakukan dikelas maupun lingkungan sekolah agar siswa bisa melihat dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga bisa tertanam pada diri siswa nilai kecintaan terhadap bangsa Indonesia.Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa pendidikan karakter dalam mata pelajaran PKn di SMAN 1 Rangkasbitung, dapat membangun kecintaan terhadap bangsa Indonesia melalui pembiasaan-pembiasaan positif baik itu di lingkungan sekolah maupun lingkungan rumah
Bibliografi : lembar 54-55
No Inv.: 642/S/Perp/13/1c
SK026508 | SK 320.54 Ira p | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2012.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain