Text
Nilai didaktis dalam komik Si Bujang karya Harlis Kurniawan serta implikasinya terhadap pembelajaran sastra di SD
ABSTRAK
Penelitian ini menggunakan pendekatan struktural yaitu mengkaji teks serta gambar yang terdapat dalam komik Si Bujang karya Harlis Kurniawan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan nilai didaktis dalam komik Si Bujang karya Harlis Kurniawan dan dijadikan sebagai salah satu alternatif bahan pembelajaran sastra di Sekolah Dasar.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi. Penelitian berlangsung sejak Januari 2011 sampai dengan Juni 2012. Objek penilitian berupa komik yang berjudul Si Bujang karya Harlis Kurniawan. Fokus penelitian berupa nilai didaktis yang meliputi: (1) nilai intelektual, (2) nilai keterampilan, (3) nilai harga diri, (4) nilai sosial kemasyarakatan, (5) nilai moral, (6) nilai keindahan, (7) nilai ketuhanan, (8) nilai kestabilan emosi, (9) nilai tingkah laku, (10) nilai kehendak.
Berdasarkan data yang ditemukan, 61 data yang terdiri dari 214 pasangan ujaran yang mengandung nilai didaktis. Terdapat 140 pasangan ujaran yang mengandung nilai kecerdasan/ nilai intelektual, 1 pasangan ujaran mengandung nilai keterampilan, 23 pasangan ujaran mengandung nilai harga diri, 9 pasangan
ujaran mengandung nilai sosial kemasyarakatan, 30 pasangan ujaran mengandung nilai moral, 9 pasangan ujaran mengandung nilai keindahan, 49 pasangan ujaran mengandung nilai ketuhanan, 11 pasangan ujaran mengandung nilai kestabilan emosi, 47 pasangan ujaran mengandung nilai tingkah laku, dan 8 pasangan ujaran
mengandung nilai kehendak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam komik Si Bujang karya Harlis Kurniawan terdapat banyak nilai didaktis yang dapat dilihat melalui percakapan maupun ilustrasi gambar yang menunjukkan tingkah laku para tokohnya. Ini menunjukkan bahwa komik Si Bujang karya Harlis Kurniawan menjunjung tinggi
ajaran moral dalam kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini dapat diimplikasikan guna meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran sastra serta dalam rangka sebagai sarana pembentukan karakter siswa. Dengan mengkaji nilai didaktis siswa dapat memperoleh gambaran mengenai berbagai nilai-nilai didaktis dalam komik Si Bujang karya Harlis Kurniawan serta dapat menambah ilmu pengetahuan siswa untuk dijadikan sebagai pedoman hidup dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Selain itu, guru dapat menjadikan komik Si Bujang karya Harlis Kurniawan sebagai
alternatif materi pembelajaran sastra di SD.
Kata kunci : Nilai Didaktis, Komik.
Bibliografi : lembar 187-188~No Inv.: 1679/S/Perp/13/1c
SW00014316 | SW 14316 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2012.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain