Text
Pengaruh metode Copy the Master terhadap kemampuan menulis cerpen siswa SMA kelas X SMA Negeri 44 Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Copy the Master (meniru) kelas X SMA negeri 44 Jakarta.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 44 Jakarta selama Mei 2012. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan secara acak untuk mendapatkan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Tiap kelas diambil sampel sebanyak 30 siswa.
Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Untuk uji normalitas digunakan uji liliefors. Dari hasil perhitungan, diperoleh L0 untuk kelas eksperimen sebesar 0,0851 dan L0 untuk kelas kontrol sebesar 0,0922. Lt yang didapat pada taraf signifikasi 0,05 sebesar 0,161. Dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal karena L0 < Lt. Untuk uji homogenitas digunakan uji barlett. Dari hasil perhitungan, diperoleh X2 hitung sebesar 9,244. Berdasarkan daftar distribusi kuadrat dengan dk = 58 pada taraf signifikasi 1- α = 0,95 diperoleh X2tabel sebesar 42,6. Dapat disimpulkan bahwa sampel memiliki varians yang homogen.
Hasil uji hipotesis dengan rumus uji-t, diperoleh t hitung sebesar 5,21 pada dk = 58 dan taraf signifikasi 0,05 diperoleh ttabel sebesar 1,67. Dari data tersebut dapat diketahui bahwa hasil penelitian menolak hiptesis nol, yaitu tidak terdapat pengaruh metode copy the master terhadap kemampuan menulis cerpen. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode copy the master terhadap kemampuan menulis cerpen. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui pula bahwa kelas eksperimen mencapai peningkatan rata-rata lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Peningkatan pada kelas eksperimen yaitu 9,2 angka dari rata-rata pretes sebesar 62,5 dan 71,7 pada postest, sedangkan kenaikan nilai pada kelas kontrol hanya mencapai angka 2,5 angka dari nilai rata-rata pretes sebesar 58,13 dan 60,63 pada nilai postes.
Metode copy the master (meniru) dapat dijadikan sebagai salah satu metode pembelajaran dalam pembelajaran menulis cerpen. Hal tersebut dikarenakan metode pembelajaran ini dapat menstimulus siswa dalam memeroleh ide dalam menulis cerpen, dapat membantu siswa dalam melatih kemampuan menulis. Oleh karena itu, metode copy the master (meniru) dapat digunakan guru untuk membantu kegiatan pembelajaran di kelas.
Kata Kunci: Metode Copy The Master, Menulis Cerpen, Cerpen.
Bibliografi : lembar 145-146~No Inv.: 304/S/Perp/13/1c
SW00014362 | SW 14362 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2012.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain