CD-ROM
Upaya peningkatan hasil belajar passing sepak bola menggunakan bagian dalam melalui media bola karet pada siswa kelas VII SMPN 2 Cikarang Barat
ABSTRAK
Zaenal Irfan Afandi : Upaya Peningkatan Hasil Belajar Passing Sepak Bola Menggunakan Kaki Bagian dalam Melalui Media Bola Karet pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Cikarang Barat
Sebagaimana diketahui bahwa setidaknya terdapat cabang olahraga permainan yang lazim digunakan sebagai media belajar gerak di sekolah khususnya olahraga permainan bola besar, seperti sepakbola. Hal ini dikarenakan tidak tersedianya media bola yang sesuai dengan kemampuan peserta didik, baik sesuai bentuk maupun ukurannya, maka pada umumnya yang terjadi adalah guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan menggunakan bola-bola ukuran standar dalam memainkan cabang olahraga sepak bola sebagai media gerak dalam pembelajaran di
sekolah.
Kondisi ini menyebabkan banyak peserta didik, terutama mereka yang masih duduk di Sekolah Menengah Pertama, menjadi takut untuk mencoba memainkan bola karena pengalaman pertama bersentuhan dengan bola standar menimbulkan rasa sakit kaki, kepala dan bagian tubuh lainnya. Situasi semacam ini tentu sangat tidak menguntungkan dalam memotivasi peserta didik untuk leluasa melakukan permainan sepakbola, sehingga
tanpa disadari kondisi ini kurang menguntungkan pula bagi pembangunan
olahraga nasional secara luas, khususnya dalam menemukan potensi bakat pada strata peserta didik sejak usia muda.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan memberikan kemudahan bagi siswa dan guru dalam menjalankan proses
belajar mengajar passing sepak bola menggunakan kaki bagian dalam pada siswa kelas VII SMPN 2 Cikarang Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan pengambilan data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini melibatkan ahli dalam pendidikan jasmani sebagai kolaborator, penelitian dilakukan 4 kali pertemuan dengan melakukan tes awal, Siklus 1 dan 2.
Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan pembelajaran teknik passing menggunakan kaki bagian dalam. Kegiatan awal yang dilakukan oleh peneliti yaitu dengan kegiatan observasi awal dengan tujuan mengidentifikasikemampuan awal siswa untuk pembelajaran teknik passing menggunakan kaki bagian dalam. Setelah melihat kemampuan awal siswa sebelum mendapat perlakuan atau tindakan apapun, peneliti membuat perencanaan tindakan yang akan dilakukan dan perencanaan tersebut termasuk kegiatan dalam siklus I. penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan langkah-langkah yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Pada saat observasi awal berlangsung peneliti melihat siswa sebagian besar belum memahami konsep yang sebenarnya mengenai pembelajaran teknik passing menggunakan kaki bagian dalam. Penelitian dimulai, peneliti mengambil data yang merupakan tes awal. Setelah tes awal, dilakukan penelitian dengan pembelajaran menggunakan media bola karet. Selanjutnya dilaksanakan tindakan berikutnya dalam siklus I dan siklus II yang telah direncanakan oleh peneliti dan kolaborator untuk meningkatkan pembelajaran teknik passing menggunakan kaki bagian dalam. Adapun pemecahan dari beberapa kekurangan siswa tersebut diantaranya, memberikan pembelajaran menggunakan media bola karet, sehingga memudahkan siswa untuk memahami dan melakukan gerakan pembelajaran teknik passing menggunakan kaki bagian dalam.
Bibliografi : lembar 60-61~No Inv.: 4690/S/Perp/13/1c
SW00017873 | SW 17873 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.06.2013.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain