Text
Reduplikasi dalam bahasa Sunda pada Tabloid Sunda Urang serta implikasinya terhadap pembelajaran kebahasaan siswa
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konstruksi, struktur, dan proses reduplikasi bahasa Sunda pada tabloid Sunda Urang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun 2010-2011 di Jakarta. Penelitian ini terfokus pada
konstruksi, struktur, dan proses reduplikasi dalam bahasa Sunda. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan cara merandom 1/5 dari jumlah rubrik untuk tiap edisi, dijumlahkan, dan dirandom lagi1/5 dari jumlah tersebut. Objek penelitian ini adalah tabloid Sunda Urang yang terbit sebanyak 21 rubrik dari 14 edisi.
Dalam penelitian ini, instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan tabel analisis data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam Tabloid Sunda Urang
ditemukan 296 konstruksi reduplikasi bahasa Sunda. Data tersebut terdiri dari 98 kata ulang penuh atau 33,11%, 62 data berjenis kata ulang sebagian atau 20,94%, 60 data berjenis kata ulang berimbuhan atau 20,27%, 70 data berjenis kata ulang semu atau 23,65%, dan temuan berupa konstruksi reduplikasi yang berjenis
dwimadya semu (kata ulang semu) yang berjumlah 6 data atau 2, 03%. Konstruksi reduplikasi dalam bahasa Sunda pada Tabloid Sunda Urang yang paling banyak ditemukan yaitu terdapat di rubrik Seni Budaya edisi 8-14 Juli 2010 sebanyak 43 konstruksi reduplikasi. Selain itu, rubrik yang paling sedikit menggunakan reduplikasi yaitu rubrik Dulang Urang yang terdapat pada edisi 16-22 Desember
2010 dan rubrik Winaya Panti yang terdapat pada edisi 7-13 Oktober 2010 yang masing-masing sebanyak 4 konstruksi reduplikasi. Makna konstruksi reduplikasi yang paling banyak ditemukan yaitu makna kata ulang plural atau jamak sebanyak
95 data atau 32,10%. Kelas kata untuk konstruksi reduplikasi yang paling banyak ditemukan yaitu nomina sebanyak 165 data atau 55,74%.
Hasil penelitian ini dapat diimplikasikan dalam pembelajaran kebahasaan bagi siswa tentang reduplikasi, baik dalam pembelajaran bahasa Indonesia, maupun bahasa Sunda. Implikasi tersebut dapat diterapkan dalam pembelajaran membaca intensif siswa.
Bibliografi : lembar 77-78~No Inv.: 4207/S/Perp/13/1c
SW00011623 | SW 11623 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2011.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain