Text
Perbedaan hasil belajar Biologi siswa dengan pembelajaran metode Observasi dan diskusi (Penelitian komparatif di SMA Negeri 107 Jakarta)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pembelajaran
metode observasi dan metode diskusi terhadap hasil belajar siswa pada materi jamur di SMA Negeri 107 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen. Sampel pada penelitian ini kelas X di SMA Negeri 107 Jakarta. Instrumen yang digunakan terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, tes hasil belajar. Data dianalisis dengan menggunakan uji normalitas Kolmogorov-Smirnov, uji homogenitas menggunakan uji F dan uji hipotesa dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan thitung sebesar 5,03 sedangkan ttabel pada α = 0,05 sebesar 2,01. Dari hasil perhitungan terlihat bahwa thitung > ttabel yaitu 5,03 > 2,01
sehingga Ho ditolak. Hal ini berarti terdapat perbedaan antara
penggunaan pembelajaran metode observasi dan metode diskusi
terhadap hasil belajar.
Kata kunci: metode observasi, metode diskusi, hasil belajar biologi.
Bibliografi : lembar 43-44~No Inv.: 4407/S/Perp/13/1c
SW00012932 | SW 12932 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2011.001) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - PENYIANGAN SKRIPSI 2023 |
Tidak tersedia versi lain