Text
Hubungan kesehatan jasmani dan motivasi belajar dengan hasil belajar pendidikan jasmani pada siswa kelas V SDN Jatinegara 04 Pagi
ABSTRAK
Sigit Pamungkas. Hubungan Kesegaran Jasmani dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Siswa Kelas V SDN Jatinegara 04 Pagi. (Skripsi, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta, Jurusan Sosiokinetika, Februari 2013)
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Kesegaran Jasmani dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Siswa Kelas V SDN Jatinegara 04 Pagi.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus – November 2012 di Sekolah SDN Jatinegara 04 Pagi dengan menggunakan metode deskriptif yaitu teknik observasi dengan cara mengukur kesegaran jasmani dan motivasi belajar dengan hasil belajar pendidikan jasmani SDN Jatinegara 04 Pagi. Ketiga data yang dikumpulkan tersebut kemudian dikorelasikan dengan menggunakan teknik korelasi sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V A dan VB SDN Jatinegara 04 Pagi untuk dijadikan sampel penelitian dengan proportianate cluster random sampling. Sebanyak 30 orang, yaitu menjadikan jumlah populasi sampel. Metode statistik dalam menganalisa data penelitian ini menggunakan korelasi sederhana yang diujikan dengan tabel r, sedangkan instrumen penelitian terdiri dari Tes Kesegaran Jasmani Indonesia, motivasi Belajar menggunakan lembar observasi yang diisi oleh kolabor dan Hasil Belajar menggunakan nilai rapot
Pengujian hipotesis menggunakan uji r dengan taraf signifikan ~ 0,05 dan nilai n = 30 diperoleh r tabel = 0,361.
Berdasarkan hasil analisis dalam penelitian ini maka diperoleh koefisien (rx1y) = 0,617 dengan t hitung sebesar 4,145 dan t tabel sebesar 2,048. Karena t hitung > t tabel maka terdapat hubungan positif kesegaran jasamani dengan hasil belajar. Sedangkan untuk hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar pendidikan jasmani diperoleh nilai koefisiensi korelasi (rx1y) = 0,658 dengan t hitung sebesar 4,626 dan t tabel sebesar 2.048. karena t hitung > t tabel maka tedapat hubungan yang positif motivasi belajar dengan hasil belajar pendidikan jasmani. Untuk hubungan kedua variabel secara bersama-sama diperoleh nilai koefisiensi korelasi (ry) = 0,746 dengan f hitung sebesar 16,935 dan f tabel sebesar 4,26. karena f hitung > f tabel maka terdapat hubungan positif kesegaran jasmani dan motivasi belajar dengan hasil belajar pendidikan jasmani siswa kelas V SDN Jatinegara 04 Pagi.
Uji koefisien determinasi rx1y sebesar 38,00% sedangkan 62,00% merupakan faktor lainnya yang berhubungan dengan hasil belajar pendidikan jasmani, koefisiensi determinasi rx2y sebesar 43,30% sedangkan 56,70% merupakan faktor lain yang berhubungan dengan hasil belajar pendidikan jasmani, koefisiensi determinasi untuk r2y1-2 sebesar 55,60% sedangkan 44,40% merupakan faktor lainnya yang berhubungan dengan hasil belajar pendidikan jasmani. Berdasarkan hasil analisa data tersebut, maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan, terdapat hubungan positif kesegaran jasmani dengan motivasi belajar dengan hasil belajar pendidikan jasmani siswa kelas V SDN Jatinegara 04 Pagi.
Bibliografi : lembar 80~No Inv.: 4651/S/Perp/13/1c
SW00017857 | SW 17857 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.06.2013.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain