Text
Implementasi sistem kredit semester pada proses pembelajaran (Studi kasus pada pelajaran sosiologi di SMA Negeri 7 Kota Bekasi)
ABSTRAK
Penelitian ini mendeskripsikan implementasi Sistem Kredit Semester (SKS) pada proses pembelajaran sosiologi. Fokus utama dari penelitian ini adalah Implementasi SKS pada proses pembelajaran. Penelitian ini ingin melihat bagaimana implementasi pada proses pembelajaran berlangsung. Selain itu dibahas juga pelaksanaan SKS di SMA Negeri 7 Kota Bekasi dan interaksi sosial yang terjadi dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam pengumpulan informasi yaitu wawancara dan observasi yang didapat dari lapangan. Penelitian ini juga ditunjang dengan studi pustaka serta data dokumentasi berupa foto. Informan terdiri dari informan kunci dan informan inti. Informan kunci dalam penulisan ini berjumlah satu orang, yaitu wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Informan inti dalam penelitian ini berjumlah 20 orang yang terdiri dari 10 orang guru dan 10 orang peserta didik.
Implementasi pada proses pembelajaran telah dilaksanakan, walaupun belum sempurna. Hal itu ditandai dengan beban belajar ditentukan oleh Indeks Prestasi semester sebelumnya. Peserta didik bisa memilih mata pelajaran walaupun hanya terbatas pada mata pelajaran yang telah ditetapkan oleh sekolah. Selama menempuh masa studi di sekolah, peserta didik dibimbing oleh Penasehat Akademik termasuk bimbingan untuk menentukan mata pelajaran yang akan diambil di semester selanjutnya. Penyelesaian masa studi peserta didik bervariasi. Pada proses pembelajaran di SMA Negeri 7 Kota Bekasi, peserta didik berpindah ruangan tiap pelajarannya (moving class).
Bibliografi : lembar 98-99~No Inv.: 4741/S/Perp/13/1c
SW00018419 | SW 18419 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2013.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain