Text
Mengembangkan kemampuan siswa dalam melakukan pasing atas bola voli melalui gaya mengajar resiprokal di kelas X AK 1 SMK Negeri 44 Jakarta Pusat
ABSTRAK
SUDIR. Mengembangkan Kemampuan Siswa Dalam Melakukan Pasing Atas Bola Voli Melalui Gaya Mengajar Resiprokal Di Kelas X Ak 1 SMK Negeri 44 Jakarta Pusat. Jakarta 2011.
Penelitian ini bertujuan untuk perbaikan dan peningkatan keberhasilan pasing atas bola voli. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas X Ak 1 SMK Negeri 44 Jakarta Pusat. Metode penelitian yang diguakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (Class Room Action Research) dengan pengambilan data kualitatif dan kuantitatif. Pelaksanaan penelitian melibatkan ahli dalam bidanng bidang pendidikan jasmani khususnya cabang bola voli sebagai kolaborator. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus, dimana siklus 1 terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus 2 terdiri 2 kali pertemuan.
Kegiatan siklus pertama yang direalisasikan melalui tindakan memberikan hasil sebagai berikut: 1) siswa masih belum begitu paham akan konsep passing atas bola voli. 2) siswa belum dapat melakukan tahap persiapan sikap kaki dengan sempurna 3) siswa belum dapat melakukan tahap kontak dengan bola sikap lengan dengan sempurna .
Kegiatan siklus kedua yang direalisasikan melalui tindakan memberikan hasil sebagai berikut: 1) siswa paham akan konsep pasing atas bola voli. 2) siswa dapat melakukan tahapan passing atas bola voli. 3) motivasi siswa meningkat saat mengikuti pelajaran passing atas bola voli.
Hasil dari penelitian ini adanya peningkatan dalam kemampuan passing atas bola voli melalui pendekatan gaya mengajar resiprokal, tes awal 50% siswa mampu melakukan pasing atas bola voli, kemudian dilakukan tindakan siklus pertama sebesar dengan hasil 65% siswa dapat melakukan passing atas dengan baik dan pada siklus kedua sebesar 80% siswa dapat melakukan pasing atas bola voli.
Bibliografi : lembar 58~No Inv.: 3296/S/Perp/13/1c
SW00015729 | SW 15729 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.06.2012.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain