CD-ROM
Hubungan kelas sosial ekonomi dengan perilaku sosial siswa (Survei terhadap siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 1 Cibinong, Kelurahan Ciriun g, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan ada tidaknya hubungan antara kelas sosial ekonomi dengan perilaku sosial siswa di lingkup sosial SMAN 1 Cibinong. Hal ini sebagaimana dalam sebuah lembaga pendidikan dapat menimbulkan diferensiasi sosial di kalangan siswa yang membentuk perilaku sosial siswa tersebut. Diferensiasi sosial tersebut dapat terjadi karena adanya ketidaksetaraan kedudukan sosial ekonomi antar siswa di lingkungan sekolah. Hal ini juga dapat mempengaruhi pembentukan perilaku sosial siswa di dalam sebuah institusi pendidikan tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Teknik mengumpulkan data yaitu dengan menyebarkan kuesioner atau angket berupa pernyataan tertutup. Variabel independen yaitu kelas sosial ekonomi siswa dan variabel dependennya yaitu perilaku sosial siswa. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan mengundi seluruh populasi dan diambil sampel berdasarkan kelas. Maka dari itu ditetapkan kelas XI IPA 5 sebagai sampel sebanyak 42 orang siswa dari populasi sebanyak 216 siswa.
Berdasarkan hasil penghitungan statistik, ditemukan bahwa hipotesis yang diterima yaitu Ha yang berbunyi ada hubungan antara kelas sosial ekonomi dengan perilaku sosial siswa di sekolah. Pengujian statistik menunjukkan bahwa adanya hubungan yang lemah antara kelas sosial ekonomi dengan perilaku sosial siswa SMAN 1 Cibinong. Kekuatan hubungan sebesar 0,13 dimana hubungan ini berlaku pada populasi dengan taraf signifikansi 0,00 < α 0,05 dan memiliki arah hubungan yang bersifat negatif.
Kata Kunci : Hubungan, Kelas Sosial Ekonomi, Perilaku Sosial Siswa
Bibliografi : lembar 109-110~No Inv.: 4789/S/Perp/13/1c
SW00018445 | SW 18445 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2013.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain