Text
Hubungan antara kepribadian tipe A dengan stres kerja pada karyawan di PT.Gikoko Kogyo Indonesia
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan penulis dilapangan mengenai materi pukulan lob. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pukulan lob dalam permainan bulutangkis melalui pembelajaran lempar bola atas pada siswa kelas VIII SMP Negeri 165 Jakarta. Diharapkan siswa dapat menguasai konsep gerakan pukulan lob melalui pembelajaran lempar bola atas. Penelitian ini dilaksanakan di Gor Pondok Bambu. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan (Action Research) dengan pengambilan data kualitatif dan kuantitatif yaitu kelas VIII dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa, yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Penelitian ini melibatkan Guru Pendidikan Jasmani dan Dosen sebagai kolaborator, penelitian dilakukan sebanyak I siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan.
Kegiatan pertemuan pertama siklus I yang direalisasikan melalui pembelajaran lempar bola atas memberikan hasil sebagai berikut: 1) siswa belum paham akan konsep pukulan pukulan lob permainan bulutangkis, contohnya siswa masih melakukan gerakan pukulan lob dengan tidak meluruskan lengan sepenuhnya, 2) siswa belum paham cara memegang raket pada saat melakukan pukulan lob permainan bulutangkis, 3) siswa belum percaya diri pada saat melakukan gerakan pukulan lob permainan bulutangkis.
Kegiatan pertemuan kedua siklus I yang direalisasikan melalui pembelajaran lempar bola atas memberikan hasil sebagai berikut: 1) siswa mulai memahami konsep dasar pukulan lob permainan bulutangkis, pemahaman ini dapat dilihat dari cara siswa melakukan dan mempelajari gerakan pukulan lob blutangkis dengan baik, 2) siswa dapat melakukan tahapan-tahapan pukulan lob bulutangkis dengan baik, 3) motivasi dan percaya diri siswa meningkat pada saat melakukan pukulan lob bulutangkis.
Hasil penelitian ini adanya proses pembelajaran pukulan lob bulutangkis melalui pembelajaran lempar bola atas, peningkatan terjadi disetiap pembelajaran yang dimulai dengan observasi awal, pertemuan pertama siklus I dan diakhiri pada pertemuan kedua siklus I. Terjadi peningkatan pada aspek psikomotor, siswa telah memahami konsep gerak pukulan lob bulutangkis. Pada aspek kognitif, pemahaman siswa bertambah seiring dengan proses mengikuti pelajaran, terlihat dari semangat dan antusias siswa mengikuti pembelajaran, kepercayaan diri siswa dalam berinteraksi dengan siswa dan guru, nilai kejujuran, kedisiplinan, kerjasama, tanggung jawab dan toleransi antar siswa yang mereka tunjukkan.
This research is motivated by the observations of the authors in the field regarding the lob punch material. For this reason, this study aims to improve the learning outcomes of lob blows in badminton games through learning top ball throwing on class VIII students of SMP Negeri 165 Jakarta. It is expected that students can master the concept of lob punch through learning top ball throwing. This research was carried out at Gor Pondok Bambu. The method used is the action research method (Action Research) with qualitative and quantitative data retrieval, namely class VIII with the number of students as many as 36 students, consisting of 17 male students and 19 female students. This study involved Physical Education and Lecturer Teachers as collaborators, the study was conducted in 1 cycle, each cycle consisting of two meetings.
The first meeting activity of the first cycle that was realized through learning top ball throwing gave the following results: 1) students did not understand the concept of lob punches in badminton games, for example students still did lob punch by not straightening their arms completely, 2) students did not understand how to hold racket when doing lob badminton games, 3) students have not been confident when doing a lob punch badminton game.
The second meeting activity of the first cycle which was realized through learning top ball throwing gave the following results: 1) students began to understand the basic concepts of lob badminton games, this understanding can be seen from the way students do and learn the movements of bad lob lobes well, 2) students can do the stages of badminton lob punch well, 3) students' motivation and self-confidence increase when they hit the badminton lob.
The results of this study are the learning process of badminton lob punch through top ball throwing learning, an increase occurs in each learning that begins with initial observations, the first meeting of cycle I and ends at the second meeting of cycle I. There is an increase in psychomotor aspects, students have understood the concept of lob punch badminton. In the cognitive aspect, student understanding increases along with the process of attending the lesson, seen from the enthusiasm and enthusiasm of students following the learning, students' confidence in interacting with students and teachers, the value of honesty, discipline, cooperation, responsibility and tolerance between the students they show.
Bibliografi : lembar 60-62~No Inv.: 4847/S/Perp/13/1c
SW00017269 | SW 17269 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2013.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain