Text
Upaya peningkatan hasil belajar gerak dasar menolak dengan memodifikasi alat peluru pada siswa kelas 5 SD Al Bayan Islamic School, Tangerang
Abstrac
KENNY SUPRATINI. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Gerak Dasar Menolak dengan Memodifikasi Alat Peluru pada Siswi Kelas 5 SD Al Bayan Islamic School, Tangerang.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar gerak dasar menolak (tolak peluru) siswi kelas 5 SD Al Bayan Islamic School. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian tindakan kelas (class room action research). Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober 2012 di SD Al Bayan Islamic School. Sampel dalam penelitian ini adalah siswi kelas 5 B yang berjumlah 17 orang. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus yaitu siklus 1 terdiri dari 3 kali pertemuan dan siklus 2 terdiri dari 2 kali pertemuan. Kegiatan siklus pertama dari 17 siswi, 13 peserta didik (76,47%) dapat melakukan gerak dasar menolak dengan baik, sisanya 4 siswi (23,52%) masih belum tuntas atau belum melampaui nilai KKM 70.
Kegiatan di siklus kedua 17 siswi (100%) mampu melakukan gerak dasar menolak yang direalisasikan melalui tindakan hasil refleksi dari siklus 1, hasilnya 4 peserta didik mampu melakukan gerakan menolak dengan baik, semula nilai terendah 67 meningkat menjadi 75. Dengan kata lain 4 peserta didik berhasil melampaui KKM 70.
Setelah melakukan aktivitas penelitian, maka dapat disimpulkan dengan penerapan modifikasi media pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar gerak dasar menolak pada siswi kelas 5 SD Al Bayan Islamic School, Tangerang.
Bibliografi : lembar 59~No Inv.: 0142/S/Perp/13/1c
SW00018006 | SW 18006 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.06.2013.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain