Text
Peran industri rumahan mainan anak dalam memberdayakan masyarakat (Studi tentang industri rumahan Vita Kids, Komp.Green Garden Blok B14 No.4 Kel.Rorotan-Cakung Jakarta Utara)
ABSTRAK
Penelitian ini didasari pada persoalan peran industri kecil di tengah masyarakat sebagai alat penting dalam pemberdayaan. Di tengah kondisi krisisekonomi seperti saat ini, terutama dengan adanya pasar bebas, tidak jarang perusahaan besar terancam bangkrut bahkan gulung tikar karena biaya produksi yang semakin mahal dan tidak dapat ditekan. Sisi kesejahteraan karyawan juga ikut terancam. Di saat seperti ini, dibutuhkan peran industri kecil (seperti industri rumahan) sebagai alat untuk melakukan pemberdayaan di tengah masyarakat secara maksimal. Industri rumahan dianggap mampu berperan secara kreatif serta inovatif dalam melakukan pemberdayaan di tengah masyarakat. Maka, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran industri rumahan mainan anak dengan melihat inovasi dan pola strategi pemasaran yang dilakukan dalam melakukan pemberdayaan di tengah masyarakat. Untuk mendapatkan gambaran secara jelas mengenai peran industri rumahan mainan anak dalam pemberdayaan masyarakat, penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Di mana melalui pendekatan ini, penulis dapat menggali informasi lebih mendalam dari lima informan penelitian (informan kunci : Engkus, Kurnia, Pak nyoman, Pak Zul dan informan pendukung : Bapak Haris). Data primer diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam dan pengamatan secara langsung. Sedangkan data sekunder diperoleh dari literatur sejenis, laporan kelurahan, makalah dan buku. Penulis juga memakai teknik triangulasi data dengan memeriksa kembali hasil temuan lapangan dengan mengacu pada sumber-sumber ilmiah yang dikomparasikan dengan kutipan wawancara informan-informan yang telah ditentukan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, industri rumahan Vita Kids dipada tahun 2006-2012 mampu bersaing dan berkembang dengan pesat,. konteks keterlekatan dalam industri rumahan Vita Kids adalah proses sosial yang terjadi antara Vita Kids dan karyawan yang dipekerjakannya. Vita Kids menjalani proses sosial-ekonomi dalam konteks distribusi produk-produknya dengan latar etnis Sunda. Ketiga, Vita Kids tidak hanya mampu memberi tambahan penghasilan bagi keluarga, akan tetapi telah menciptakan pemberdayaan masyarakat melalui dibukanya lapangan pekerjaan untuk orang-orang di sekitar. Fenomena di dalam industri rumahan Vita Kids ini merupakan gambaran utuh bagaimana fenomena prilaku ekonomi dalam hubungan sosial, merupakan tindakan ekonomi yang disituasikan secara sosial dan melekat dalam jaringan sosial personal yang berlangsung di antara para aktor.
Kata Kunci: Industri Rumahan, Pemberdayaan, Keterlekatan
Bibliografi : lembar ~No Inv.: 4757/S/Perp/13/1c
SW00018388 | SW 18388 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2013.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain