Text
Peningkatan listening skill melalui media audio-visual pada siswa kelas V SDI Mubasysyirin Jakarta Selatan
PENINGKATAN LISTENING SKILL MELALUI MEDIA AUDIO-VISUAL PADA SISWA KELAS V SDI MUBASYSYIRIN JAKARTA SELATAN (2013)
Ni Ketut Resi Yuliari
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan listening skill pada pembelajaran bahasa Inggris bagi siswa/i kelas V SDI Mubasysyirin Jakarta Selatan melalui media audio-visual. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Apri sampai Mei 2013 di SDI Mubasysyirin Jakarta Selatan dan dilakukan dengan menggunakan model siklus Kemmis dan McTaggart. Teknik pengumpulan data untuk listening skill yang dimiliki siswa adalah dengan melakukan tes tertulis listening skill. Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahawa listening skill yang dimiliki oleh siswa dapat meningkat melalui media audio-visual yang disesuaikan dengan materi pembelajaran. Pada tiap siklus terlihat kenaikan yang sangat signifikan. Pada prapenelitian persentase listening skill siswa yang memperoleh nilai ≥65 adalah sebesar 14,29%, akhir siklus I sebesar 53,84% dan akhir siklus II sebesar 84,62%, sehingga hipotesis tindakan diterima. Dengan demikian, kegiatan pembelajaran bahasa Inggris melalui media audio-visual dapat meningkatkan listening skill yang dimiliki oleh siswa. Implikasi penelitian ini adalah bahwa media audio-visual dapat dijadikan sebagai salah satu media yang dalam kegiatan pembelajaran bahasa Inggris dengan media audio-visual dapat meningkatkan listening skill yang dimiliki oleh siswa melalui kegiatan mendengar, mengingat, memahami, serta penguasaan kosakata dan tata penulisan.
Kata Kunci: Listening skill, media audio-visual
Bibliografi : lembar 96-97~No Inv.: 1858/S/Perp/13/1c
SW00016667 | SW 16667 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2013.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain