Text
Meningkatkan keterampilan Reading Aloud melalui pendekatan Whole Language pada pelajaran bahasa Inggris terhadap siswa kelas II SDN Malaka Sari 05 Pagi Jakarta
ABSTRAK Muhammad Akhyar. Meningkatkan Keterampilan Reading Aloud Siswa Melalui Pendekatan Whole Language pada Siswa Kelas II SDN Malaka Sari 05 Pagi Kecamatan Duren Sawit. Skripsi. Jakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 2012. Penelitian ini adalah untuk mendapatkan data mengenai penerapan pendekatan whole language untuk meningkatkan keterampilan reading aloud siswa di kelas II SDN Malaka Sari 05 Pagi, Duren Sawit, Jakarta Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa apakah ada peningkatan keterampilan reading aloud siswa kelas II SDN Malaka Sari 05 Pagi, Duren Sawit, Jakarta Timur melalui penerapan pendekatan whole language. Penelitian ini dilakukan di SDN Malaka Sari 05 Pagi, khususnya di kelas II. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan whole language yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh data pada siklus I prosentase keterampilan reading aloud siswa sebesar 60%. Sedangkan siklus II menunjukkan kenaikan keterampilan reading aloud yang signifikan yaitu sebesar 85%. Adapun untuk lembar pemantau tindakan pembelajaran dengan pendekatan whole language untuk siklus I adalah sebesar 70% untuk aktivitas guru dan siswa. Pada siklus II mencapai peningkatan hingga 84% untuk aktivitas guru dan siswa. Dari data yang diperoleh, menunjukkan bahwa dengan menggunakan pendekatan whole language dapat meningkatkan keterampilan reading aloud siswa. Implikasi Hasil Penelitian ini adalah bahwa pendekatan whole language dapat dijadikan model pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan reading aloud siswa kelas II SDN Malaka Sari 05 Pagi Duren Sawit, Jakarta Timur.
Bibliografi : lembar 96-98~No Inv.: 1861/S/Perp/13/1c
SW00016425 | SW 16425 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2013.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain