Text
Kemampuan penggunaan fonem suprasegmental anak tunarungu kelas 3 SDLB di SLB B Pangudi Luhur
Riski Prismalia
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses serta hasil pengembangan kemampuan penggunaan fonem suprasegmental anak tunarungu kelas 3 SDLB pada program BPBI, Bina Wicara, dan kegiatan membaca di kelas. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan pemeriksaan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penggunaan fonem suprasegmental anak tunarungu berperan dalam pembentukan pengetahuan karena mempengaruhi pembentukan memori jangka pendek. Kemampuan ini didapatkan dari pengembangan pada program BPBI, Bina Wicara, dan pembelajaran di kelas. Bentuk pengembangan tersebut saling mendukung dan berkaitan satu sama lain. Kemampuan penggunaan fonem suprasegmental anak tunarungu kelas 3 SDLB dalam hal penggunaan jeda dan tempo lebih berkembang daripada penggunaan intonasi dan penekanan. Kemampuan ini dipengaruhi oleh sisa pendengaran, tingkat kecerdasan anak, kemampuan mengucapkan fonem segmental, kosakata yang dimiliki anak, suasana hati anak saat berbicara, serta konsentrasi anak saat belajar atau kondisi saat pembelajaran.
Kata kunci: Fonem Suprasegmental, Program BPBI, Bina Wicara
Bibliografi : lembar 199-200~No Inv.: 5192/S/Perp/14/1c
SW00016199 | SW 16199 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2013.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain