Text
Hubungan antara kepercayaan diri siswa dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara Kepercayaan Diri Siswa dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Di Kelurahan Menteng Atas Setia Budi Jakarta Selatan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Menteng Atas 11 Pagi Setia Budi Jakarta Selatan sebanyak 35 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Metode yang digunakan adalah metode korelasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan uji hipotesis diperoleh koefisien korelasi rxy=0,45 dan dengan koefisien determinasi sebesar 20,40%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara kepercayaan diri siswa dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD. Hasil ini menunjukkan bahwa kepercayaan diri dapat mendorong siswa untuk melakukan cara terbaiknya di dalam belajar yang mana dilakukan secara konsisten dan terencana yang bertujuan untuk menerima informasi dan pengetahuan secara optimal dan guna mendapatkan atau meningkatkan hasil belajar IPA. Oleh sebab itu, sekolah perlu mengembangkan suatu sistem dan metode yang baik bagi siswa dalam belajar dan guru juga perlu memahami kondisi personal siswa dalam proses pembelajaran, dan dapat dijadikan sebagai bahan pendamping para guru untuk mengkaitkannya ke dalam berbagai metode-metode pembelajaran IPA di sekolah, serta berusaha menciptakan iklim belajar yang dapat menumbuhkan kepercayaan diri siswa.
Kata kunci: Kepercayaan diri siswa, hasil belajar IPA kelas IV SD.
Bibliografi : lembar 89-91~No Inv.: 1881/S/Perp/13/1c
SW00016662 | SW 16662 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2013.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain