Text
Meningkatkan hasil belajar IPS tentang masalah sosial melalui metode Ciiperative Learning Tipe Inside-Outside Circle (IOC) di kelas IV SDN Cipinang Melayu 12 Petang Jakarta Timur
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis upaya meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Cipinang Melayu 12 Petang pada materi Masalah Sosial dengan menggunakan Metode Cooperative Learning Tipe Inside-Outside Circle. Penelitian dilaksanakan di SDN Cipinang Melayu 12 Petang beralamat di Jalan Kartika Eka Paksi KPAD Jatiwaringin, Jakarta Timur. Waktu penelitian dilaksanakan selama tiga bulan sejak bulan Maret sampai dengan Mei 2012 pada semester II tahun pelajaran 2011-2012. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan data yang diperoleh data dari proses pembelajaran IPS dengan menggunakan metode Cooperative Learning tipe IOC. Pada hasil belajar IPS ranah kognitif memperoleh prosentase sebesar 62,50% meningkat menjadi 100% di siklus II. Hasil belajar IPS aspek afektif mengalami kenaikan sebesar 69,56% menjadi 88,18% di siklus II. Hasil belajar aspek psikomotor sejumlah 68,25% pada siklus I menjadi 83,50% di siklus II. Prosentase aktivitas guru pada siklus I dan siklus II mencapai 63,75% menjadi 92,5%. Prosentase aktivitas siswa kenaikan sejumlah 66,25% menjadi 96,25%. Implikasi dari penelitian ini adalah metode Cooperative Learning tipe IOC dapat dijadikan sebagai salah satu metode pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV sekolah dasar.
The purpose of this research is to analyze the efforts to improve students learning outcomes grade IV SDN Cipinang Melayu 12 Petang about Trouble Social with type Inside-Outside Circle Cooperative Learning Methods. Research carried out in SDN Cipinang Melayu 12 Petang, located on the road Kartika Eka Paksi KPAD Jatiwaringin, East Jakarta. Time studies conducted over three months from March until May at the second semester 2011-2012 academic year. This research method using by the classroom action research methods. Two cycles with four phases. Research results obtained show the data from the learning process by using the IPS type IOC Cooperative Learning. Cognitive learning outcomes IPS percentage gain of 62.50% increase to 100% in cycle II. IPS affective domain of learning outcomes of the cycle I increased by 69,56% to 88,18% in cycle II. Psychomotor domain of learning outcomes a 68.25% increase in cycle I to 83.50% in cycle II. Percentage of teacher activity cycle I to cycle II reached from 63.75% to 92.5%. Percentage increase in number of student activities 66.25% to 96.25%. The implications of this research is to type Inside-Outside Circle (IOC) Cooperative Learning Methods can be use as one way to improve learning results in students Social Learning class IV elementary school
SW00013695 | SW 13695 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2018.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain