Text
Kemampuan komunikasi interpersonal anak dengan gangguan Autisme kelas III Sekolah Dasar (Deskriptif kualitatif di Sekolah Dasar Al-Fath Bumi Serpong Damai)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan, menggambarkan, memaparkan dan memperoleh informasi secara mendalam tentang kemampuan komunikasi interpersonal anak dengan gangguan autisme. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi interpersonal anak belum terjalin dengan baik tanpa stimulus dan arahan lawan bicara. Komunikasi verbal lisan masih hanya sebatas tanya jawab dengan kalimat sederhana. Meskipun demikian subjek sudah mampu merespon instruksi sederhana dengan kontak mata sebelum memberikan instruksi, tetapi untuk penjelasan kata dan laporan lisan, subjek masih perlu bimbingan dari orang yang berada disekitarnya. Komunikasi non verbal yang telihat saat subjek berkomunikasi interpersonal dengan guru kelas dan guru kebutuhan khusus yaitu karakteristik suara, kualitas vokal, intensitas suara dan diam. Sedangkan komunikasi non verbal yang terlihat antara subjek dengan teman sebaya yaitu karakteristik suara, kualitas vokal, dan diam.
Kata kunci: Kemampuan Komunikasi interpersonal siswa Autis Kelas III SD
Bibliografi : lembar 110~No Inv.: 5435/S/Perp/14/1c
SW00016266 | SW 16266 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2013.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain