Text
Perbandingan tingkat loyalitas terhadap merek (Brand Loyalty)pada pengguna Smarthone berdasarkan teori kepribadian Big Five Factors of Personality
ABSTRAK
Rury Siti Ruhaniah, Perbandingan Tingkat Loyalitas Merek pada Pengguna Smartphone Berdasarkan Teori Kepribadian Big Five Factors of Personality, skripsi, Jakarta: Program Studi Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, 2012.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbandingan tingkat loyalitas merek berdasarkan kepribadian Big Five Factors of Personality pada pengguna smartphone. Tingkat loyalitas merek dibentuk berdasarkan teori piramida loyalitas merek David A. Aaker yang memiliki karakteristik tertentu pada setiap tingkatan loyalitas merek. Penelitian dilakukan dengan melibatkan 142 pengguna smartphone yang berdomisili di DKI Jakarta. Instrumen penelitian terdiri dari dua buah skala, yaitu skala tingkat loyalitas merek dan skala kepribadian yang dikembangkan berdasarkan teori kepribadian Big Five Factors of Personality Costa dan Mc Crae yang menyusun skala kepribadian yang disebut NEO-PI R. Uji hipotesis dilakukan dengan uji chi ) square yang dilakukan dengan bantuan program SPSS ver 17.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, diperoleh harga kepribadian 58,070, derajat bebas 4 dengan p-value 0,00 < 0,05, tingkat loyalitas 15,958, derajat bebas 4 dengan p-value 0,03 < 0,05. Hal ini berarti bahwa hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima, maka ada perbandingan signifikan tingkat loyalitas merek berdasarkan teori kepribadian Big Five Factors of Personality pada pengguna smartphone.
Kata Kunci: Tingkat loyalitas merek, kepribadian Big Five Factors of Personality, smartphone
Bibliografi : lembar 62-64~No Inv.: 801/S/Perp/14/1c
SW00013827 | SW 13827 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2012.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain