Text
Penerapan model pembelajaran Webbed Model untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis fungsional kelompok belajar keaksaraan fungsional (Studi pre-eksperimen pada kelompok belajar keaksaraan fungsional di Kelurahan Cipinang Muara Jakarta Timur)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WEBBED
MODEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN
MEMBACA DAN MENULIS FUNGSIONAL KELOMPOK
BELAJAR KEAKSARAAN FUNGSIONAL
(Studi Pre-eksperimen pada Kelompok Belajar Keaksaraan Fungsional di
Kelurahan Cipinang Muara, Jakarta Timur)
(2013)
Serry Tiara Sofyani
ABSTRAK
Penelitian pre-eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran menggunakan Webbed Model terhadap peningkatan kemampuan membaca dan menulis fungsional warga belajar. Webbed Model adalah suatu pendekatan pembelajaran yang membahas materi dari sejumlah mata pelajaran yang memiliki keterkaitan ide dan tema.Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen sederhana, dengan pendekatan onegroup pretest-posttest design, dimana perlakuan dalam penelitian ini adalah penerapan Webbed Model (variabel x) untuk dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis fungsional (variabel y) pada kelompok belajar keaksaraan fungsional di Kelurahan Cipinang Muara. Subjek Penelitian ini adalah warga belajar keaksaraan fungsional di Kelurahan Cipinang Muara yang berjumlah 10 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa alat tes yaitu tes membaca dan tes menulis.Dalam mengolah data, penelitian ini menggunakan uji-t dua pihak. Hasil uji normalitas dan homogenitas diperoleh data berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah diberikan perlakuan kepada warga belajar. Hasil perhitungan menggunakan uji-t dua pihak didapat thit sebesar 21,935 dan ttab sebesar 1, 833, dengan taraf signifikan 0,05. Berarti dalam perhitungan ini thit lebih besar daripada ttab(21, 935 1, 833). Berdasarkan hipotesis, tolak Ho jika thit > ttab. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Webbed Model terbukti meningkatkan kemampuan membaca dan menulis fungsional pada kelompok belajar keaksaraan fungsional di Kelurahan Cipinang Muara.Kata Kunci: Webbed Model, kemampuan membaca dan menulis, hasil belajar.
Bibliografi : lembar 76~No Inv.: 10063/S/Perp/14/1c
SW00016556 | SW 16556 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2013.002) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - PENYIANGAN SKRIPSI 2023 |
Tidak tersedia versi lain