Text
Pembelajaran bahasa Inggris bagi anak Autis si TK A Bintang-Bintang : studi deskriptif di TK-A Bintang-Bintang Jakarta Selatan
ABSTRAK
Soraya Mayrosa.E. Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Anak Autis di TK-A Bintang-Bintang. (Tebet Jakarta Selatan). Skripsi. Jakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 2012.
Penelitian ini di latar belakangi oleh keinginan untuk memperoleh informasi secara mendalam mengenai pembelajaran Bahasa Inggris bagi anak autis di TK-A Bintang-Bintang.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pembelajaran Bahasa Inggris bagi anak autis di TK-A Bintang-Bintang, Jakarta Selatan.Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, analisis dokumen yang diambil dari sumber data, yaitu guru bahasa inggris dan kepala sekolah. Data yang terkumpul lalu di analisis dengan analisis deskriptif kualitatif dalam penelitian ini peneliti terjun langsung kelapangan untuk mengamati, menarik kesimpulan tentang data-data yang ada di lapangan. Setelah di analisis, data di cek dengan teknik triangulasi.
Hasil penelitian menunjukan, Guru tidak membuat RPP saat proses pembelajaran, sementara tujuan yang hendak dicapai dalam pembelajaran tidak tercapai. Dalam proses pembelajaran guru melakukan pendekatan secara klasikal, disamping itu anak autis yang berada di dalam kelas tidak diberikan pendekatan dan pengajaran secara individual oleh guru, karena kurangnya pengetahuan guru menagani anak autis.
Pilihan metode pembelajaran yang kurang tepat bagi siswa autis, metode TPR (total physical response) ini sulit diterapkan untuk siswa autis dimana keterlambatan bicara ( speech delay) dan siswa dengan lafal yang belum jelas. Dimana dalam pembelajaran Bahasa Inggris, siswa autis tidak mudah mencerna perintah dan kurang dapat berinteraksi dengan lingkungan atau kegiatan kelompok. Evaluasi yang dilaksanakan guru dalam pembelajaran Bahasa Inggris dilakukan secara formal dengan tes lisan, dengan dilakukannya evaluasi tes lisan ini menyulitkan anak autis dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris.
Bibliografi : lembar 75-76~No Inv.: 252/S/Perp/14/1c
SW00014036 | SW 14036 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2012.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain