Text
Pengembangan kemampuan membaca permulaan menggunakan media gambar seri pada anak usia 5-6 tahun : Penelitian tindakan kelas di TK Baburridho, Jakarta Utara
ABSTRAK
DARTI ISYANTI. Pengembangan kemampuan membaca permulaan menggunakan media gambar seri pada anak usia 5-6 tahun. (Penelitian tindakan kelas di TK Baburridho, Cilincing Jakarta Utara). Skripsi. Jakarta : Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas Negeri Jakarta, 2012.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media gambar seri pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini dilaksanakan di TK Baburridho Cilincing Jakarta Utara pada bulan AprilJuni 2012. Subjek penelitian adalah anak-anak TK Baburridho usia 5-6 tahun.Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan yang dilakukan melalui 2 siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari 6 kali pertemuan.Hasil yang diharapkan peneliti adalah 30%. Hasil pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 25%, dan peningkatan pada siklus II yaitu 32%, sehingga hasil akhir dari penelitian adalah 90%. Berdasarkan hasil persentase dalam penelitian ini, maka dinyatakan bahwa hipotesis dapat diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun.Implikasi hasil penelitian ini secara teoritis adalah bahwa bagi pengembangan keilmuan untuk mahasiswa jurusan pendidikan guru pendidikan anak usia dini, mahasiswa dapat lebih mengembangkan media yang sesuai untuk mengembangkan kemampuan membaca permulaan anak. Secara praktis, bahwa metode dengan menggunakan media yang tepat dan menarik akan dapat mengembangkan kemampuan membaca permulaan anak.
Bibliografi : lembar 184-186~No Inv.: 10046/S/Perp/14/1c
SW00014083 | SW 14083 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2012.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain