Text
Gambaran coping stres di sekolah pada siswa SMK Negeri 57 Jakarta
ABSTRAK
MELIZA OCTAVIANI, Gambaran Coping Stres di Sekolah pada Siswa SMK Negeri 57 Jakarta. Skripsi: Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, Juni 2012.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai coping yang dilakukan oleh siswa kelas X SMK Negeri 57 Jakarta Selatan terhadap stres yang dirasakan di sekolah.Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan jenis survei. Populasi pada penelitian ini sebanyak 188 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive random sampling sebanyak 60 responden.Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 57 Jakarta pada bulan Januari - Juni 2012. Untuk mengetahui validitas dan reliabilitas, instrumen telah diujicobakan kepada 60 responden yang berbeda dengan responden untuk mengambil data penelitian. Hasil perhitungan validitas diperoleh 94 butir valid. Adapun reliabilitas instrumen 0,931 menggunakan rumus alpha cronbach. Artinya instrumen valid dan reliabel untuk mengukur coping subjek penelitian.Berdasarkan hasil analisa data diketahui bahwa subjek penelitian berada pada kategori tinggi pada coping yang berfokus pada nilai sebesar 34.87% hal ini menunjukkan bahwa siswa melakukan analisis logis, pengembalian kesadaran dan penolakan kognitif dalam menghadapi stres di sekolah. Sedangkan berfokus pada masalah berada pada kategori sedang sebesar 32,83% yang menunjukkan bahwa subjek melakukan pencarian informasi, melakukan strategi pemecahan masalah dan mengembangkan kegiatan alternatif dalam menghadapi stres di sekolah. Berfokus pada emosi berada pada kategori rendah sebesar 32,30% yang menunjukkan subjek melakukan usaha mengontrol emosi, menunggu waktu menyelesaikan masalah, dan ekspresi melepaskan emosi.Apabila subjek tidak ditangani secara serius dalam menghadapi stres di sekolah maka subjek akan merasa cemas dan takut untuk berangkat ke sekolah. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi khusus dalam mengatasi stres dengan cara coping. Hal ini membutuhkan dukungan dari orangtua dan guru, mereka dapat bekerjasama memberikan arahan seperti memberikan informasi yang berkaitan dengan stres di sekolah serta dukungan sosial dengan cara memberikan motivasi, saran dan semangat agar siswa dapat mengatasi stres di sekolah
Bibliografi : lembar 67-69~No Inv.: 10028/S/Perp/14/1c
SW00014054 | SW 14054 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2012.003) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - PENYIANGAN SKRIPSI 2023 |
Tidak tersedia versi lain