Text
Meningkatkan hasil belajar IPA melalui strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir pada pokok bahasa gaya
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR PADA POKOK BAHASAN GAYA
(Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Menteng Atas 06
Pagi Jakarta Selatan)
(2013)
Mutiarahayu Annisa Fitri
ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengimplementasikan penggunaan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir dalam kegiatan pembelajaran IPA sebagai upaya meningkatkan hasil belajar tentang Gaya. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti melakukan penelitian di SDN Menteng Atas 06 Pagi Jakarta Selatan. Penelitian dilakukan selama 3 bulan yaitu pada bulan Desember sampai Februari dengan subjek penelitan berjumlah 32 siswa yang duduk dikelas IV. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas menurut Kemmis dan MC.Taggart, menggunakan sistem spiral refleksi diri yang dimulai dengan rencana (planning), tindakan (acting), pemgamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Hasil dari pengamatan menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPA mengenai Gaya, setelah dilakukan tindakan siklus I mencapai 69.91 % dan pada siklus II meningkat sebesar 16.7 % yaitu menjadi 86.61%. Adapun nilai rata-rata dari pemantau tindakan guru dan siswa pada siklus I sebesar 77.3 % menjadi 92.7%. Peningkatan tersebut sudah melewati target dari peneliti, yaitu sebesar 80% untuk hasil belajar IPA dan 85% untuk pemantau tindakan guru dan siswa. Oleh karena itu jelas bahwa melalui penggunaan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir membawa dampak yang positif bagi peningkatan hasil belajar IPA tentang Gaya pada kelas IV Sekolah Dasar telah menunjukan hasil belajar yang diharapkan sesuai target. Berdasarkan uraian tersebut maka dapat dilihat dari persentase kemajuan nilai hasil belajar yang semakin meningkat. Implikasi hasil penelitian adalah bahwa penggunaan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir dapat dijadikan sebagai salah satu strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV Sekolah Dasar.
Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir
Bibliografi : lembar 101-102~No Inv.: 1900/S/Perp/13/1c
SW00016196 | SW 16196 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2013.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain