Text
Sikap guru mata pelajaran terhadap perilaku Bullying anatara siswa di sekolah (Survey terhadap guru mata pelajaran SMP Teratai Putih Global Bekasi)
ABSTRAK
Nurul Huda1Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang bersifat deskriptif.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empirik mengenai gambaran sikap guru mata pelajaran terhadap perilaku bullying antar siswa di SMP Teratai Putih Global Bekasi. Penelitian dilakukan di SMP Teratai Putih Global Bekasi yang berakreditasi A, di kecamatan Mustika Jaya, Bekasi Timur , dengan subjek penelitian yaitu seluruh guru mata pelajaran sebanyak 34 guru. Uji coba dilakukan di beda sekolah dengan kriteria yang sama yakni SMP Daya Utama, Bekasi Timur dengan jumlah sampel sebanyak populasi yang ada yakni 41 guru. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang menggunakan skala penilaian model Likert yang berisi 36 pernyataan. Uji validitas butir menggunakan rumus korelasi Product Moment dari Pearson dan diperoleh hasil 45 butir pernyataan valid dan 27 butir pernyataan drop. Uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach dan diperoleh hasil 0,916 yang artinya reliabel dan layak digunakan untuk mengadakan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh guru mata pelajaran memiliki kecenderungan sikap yang menolak terhadap perilaku bullying di sekolah dengan persentase sebesar 56% atau sebanyak 19 guru dan sikap guru yang cenderung mendukung sebesar 44% atau sebanyak 15 guru, dengan selisih sebesar 12%.
Kata Kunci: Sikap, Guru Mata Pelajaran, Bullying antar Siswa.
Bibliografi : lembar 102-105~No Inv.: 10001/S/Perp/14/1c
SW00016379 | SW 16379 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2013.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain