Text
Survei tingkat kesadaran diri (self-Awareness) dalam pilihan karir siswa kelas XII SMA Negeri 89 Jakarta
ABSTRAK
LINA MARINA, Survei Tingkat Kesadaran Diri (Self-Awareness) dalam Pilihan Karir Siswa Kelas XII SMA Negeri 89 Jakarta. Jakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, Juli 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan yang sesuai, berdasarkan data atau fakta yang ada di lapangan mengenai gambaran tingkat kesadaran diri (self-awareness) dalam pilihan karir siswa kelas XII SMA Negeri 89 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan menggunakan studi deskriptif dengan menggunakan teknik simple random sampling mengambil 62 siswa yang terbagi atas kelas IPA maupun IPS untuk memberikan peluang yang sama. Alat pengumpul data menggunakan kuesioner dengan bentuk skala penilaian dengan empat pilihan jawaban. Uji validitas butir instrumen menggunakan item total correlation dengan rumus Product Moment Pearson. Hasil dari 72 item yang diujicobakan untuk 30 siswa, diperoleh 59 item yang valid dengan r hitung ≥ r tabel. Uji Reliabilitas menggunakan single trail administration dengan rumus Alpha Cronbach dan diperoleh r11 = 0.890 yang artinya reliabel untuk instrumen yang diberikan pada siswa. Hal ini berarti instrumen layak untuk digunakan sebagai alat untuk pengambilan data penelitian. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh tingkat kesadaran diri dari 10 responden (16.13%) berada pada kategori tinggi, yaitu siswa sudah menyadari dalam menentukan pilihan karirnya, namun masih memerlukan pengawasan, (80.64%) responden yang berada pada rata-rata, memiliki arti bahwa siswa memiliki kesadaran diri yang memadai namun masih memerlukan peningkatan dan (3.23%) lainnya berada pada kategori rendah menunjukkan siswa masih sangat memerlukan layanan informasi terhadap macam-macam pilihan karir yang ada. Implikasi dalam penelitian ini yakni bagi guru bimbingan dan konseling layanan informasi karir dapat digunakan untuk meningkatkan kesadaran diri siswa mengenai topik yang akan dibahas khususnya dalam menyediakan berbagai variasi penyampaian layanan informasi karir dengan metode yang menarik dan bermanfaat untuk mengadakan pengkajian terhadap gambaran tingkat kesadaran diri dalam pilihan karir siswa kelas II. Bagi siswa, dapat membantu siswa memahami diri dalam karirnya serta mampu mengaitkannya dengan pilihan masa depan siswa.
Bibliografi : lembar 77-79~No Inv.: 10010/S/Perp/14/1c
SW00014085 | SW 14085 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2012.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain