Text
Penerapan model cooperative learning teknik Jigsaw dalam layanan bimbingan klasikal terhadap pemahaman HIV/AIDS (Studi pre eksperimen pada siswa kelas X-1 SMA Negeri Pedes Karawang)
ABSTRAK
JANU RIS PRATIWI, Penerapan Model Cooperative Learning Teknik Jigsaw dalam Layanan Bimbingan Klasikal terhadap Pemahaman Mengenai HIV AIDS Kelas X-1 di SMA Negeri 1 Pedes.Skripsi.Jakarta : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, Juli 2012. Tujuan penelitian ini untuk melihat penerapan model cooperative learning teknik jigsaw dalam layanan bimbingan klasikal terhadap pemahaman mengenai HIV AIDS. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pedes pada bulan Oktober 2011-Mei 2012. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen berjenis pre eksperimen, dengan menggunakan model pre-post one goup design yaitu eksperimen yang dilaksanakan dengan menggunakan satu kelompok penelitian dengan melihat hasil pre dan post tes. Penelitian ini menggunakan satu kelas, yaitu kelas X-1 dengan jumlah 40 siswa. Pengukuran sebelum dan sesudah layanan bimbingan klasikal yang menggunakan model cooperative learning teknik jigsaw dilakukan dengan pemberian test pemahaman berbentuk pilihan ganda mengenai HIV AIDS.Setelah dilakukan uji coba instrumen terhadap 36 orang responden untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen. Hasil perhitungan validitas diperoleh 35 butir item yang valid. Sedangkan hasil reliabilitasnya 0,9 dengan rumus KR-20 dan menunjukkan bahwa reliabilitasnya tinggi. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji-t pada taraf signifikan 0,5%. Sebelum dilakukan uji-t, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas data dengan rumus chi kuadrat. Hasil uji normalitas dengan chi kuadrat diperoleh xhitung 7.5751 dan 9.1196 karena xhitung ttabel (0.05) = 1,68 jadi H0 ditolak. Kesimpulan penerapan model cooperative learning dapat dijadikan salah satu alternatif dalam layanan bimbingan klasikal untuk pemberian informasi HIV AIDS . Saran mengembangkan penelitian selanjutnya pada aspek Afektif dengan menggunakan teknik cooperativelearning yang berbeda dan terdapat kelompok kontrol.
Bibliografi : lembar 119-121~No Inv.: 10015/S/Perp/14/1c
SW00014301 | SW 14301 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2012.003) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - PENYIANGAN SKRIPSI 2023 |
Tidak tersedia versi lain