Text
Penggunaan media realia dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep waktu pada siswa Tunagrahita ringan kelas V SD di SLB C Asih Budi I Patra Kuningan Jakarta Selatan
ABSTRAK
Rinaldi Ferdiansyah. Penggunaan Media Realia Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Waktu Pada Siswa Tunagrahita Ringan (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa SD Kelas V di SDLBC Asih Budi I Patra Kuningan Jakarta Selatan). Skripsi Jakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, 2013.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan mengenal konsep waktu pada siswa tunagrahita ringan kelas V dengan menggunakan media realia. Subyek dalam penelitian ini adalah lima orang siswa tunagrahita ringan kelas V. Metode dan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan siklus kemmis and taggart.Pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan mengenal konsep waktu..Hasil penelitian menunjukkan bahwa media realia dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep waktu pada siswa tunagrahita ringan kelas V SDLBC Asih Budi I . Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media realia dapat dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran mengenal konsep waktu pada siswa tunagrahita ringan kelas V di SDLBC Asih Budi I Patra Kuningan Jakarta Selatan.
Kata Kunci: mengenal konsep waktu, tunagrahita ringan dan media realia
Bibliografi : lembar ~No Inv.: 2109/S/Perp/13/1c
SW00016306 | SW 16306 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2013.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain