Text
Kecenderungan penelitian ilmiah dan penulisan skripsi Jurusan Kurikulum Dan teknologi Pendidikan periode 2007-2011
Abstrak
Amanda Fajrina Fitri Nasution
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai kecenderungan yang terjadi pada skripsi yang sudah dihasilkan oleh mahasiswa jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan tahun 2007 sampai 2011 ditinjau dari aspek pemilihan tujuan penelitian dan penulisan notasi ilmiah berupa catatan kaki dan daftar pustaka. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan survei menggunakan teknik analisis dokumen. Sampel penelitian diperoleh dengan cara stratified proportional random sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada skripsi yang telah dihasilkan oleh mahasiswa jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan dari tahun 2007 sampai 2011 terdapat kecenderungan yaitu penelitian yang bertujuan eksploratif pada konsentrasi Pengelola Pembelajaran dan Pengembang Teknologi Kinerja, sementara kecenderungan pada skripsi yang telah dihasilkan oleh mahasiswa dengan konsentrasi Pengembang Media Pembelajaran berupa tujuan penelitian yang bersifat pengembangan. Pada penulisan notasi ilmiah, skripsi mahasiswa jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan memiliki kecenderungan untuk tidak konsisten dalam mengikuti aturan penulisan notasi ilmiah yang berlaku di jurusan Kurikulum dan Pendidikan karena ditemukan kesalahan penulisan notasi ilmiah pada 51 sampel dari 80 sampel yang diteliti.
Kata kunci: kecenderungan, penulisan notasi ilmiah, tujuan penelitian
Bibliografi : lembar 226-227~No Inv.: 1954/S/Perp/13/1c
SW00016713 | SW 16713 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2013.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain