Text
Hubungan antara komunitas merek dengan loyalitas merek pengguna indosat blackberry pada mahasiswa pendidikan tata niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
RENNY YANTI. Hubungan Antara Komunitas Merek dengan Loyalitas Merek Pengguna Indosat BlackBerry Pada Mahasiswa Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Tata Niaga. Jurusan Ekonomi dan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. Januari 2013.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data/fakta yang tepat (sahih, benar, valid) dan dapat dipercaya (reliable) tentang seberapa jauh hubungan antara komunitas merek dengan loyalitas merek pada mahasiswa Prodi Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama 5 bulan terhitung sejak bulan Agustus sampai Desember 2012. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Niaga pengguna dan yang loyal menggunakan Indosat BlackBerry yang berjumlah 110 orang mahasiswa. Dengan populasi terjangkau mahasiswa pendidikan Tata Niaga 2009 sebanyak 40 orang. Sampling error 5% menjadi 36 orang sebagai sample, menggunakan teknik sampling acak sederhana. Untuk menjaring data variabel (Komunitas Merek) dan variabel Y (Loyalitas Merek), digunakan instrumen berbentuk kuesioner yang disebar kepada mahasiswa Pendidikan Tata Niaga, setelah itu dilakukan uji validitas isi melalui proses validasi yaitu perhitungan koefisian korelasi skor butir dengan skor total dan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas variabel X (Komunitas Merek) sebesar 0,841 dan reliabilitas variabel Y (Loyalitas Merek) sebesar 0,999. Persamaan regresi linear sederhana adalah Ŷ = 48,66 + 0,4279X. Selanjutnya dilakukan uji persyaratan analisis, yaitu pertama uji normalitas galat taksiran regresi atas X dengan menggunakan uji Liliefors dan diperoleh Lhitung = 0,0912 dibandingkan dengan Ltabel pada taraf signifikan 0,05 sebesar 0,1476, maka Lo < Lt. Hal ini berarti galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Yang kedua, uji kelinieran menghasilkan Fhitung (1,52) < Ftabel (2,35). Dalam uji hipotesis, uji keberartian dan kelinieran regresi menggunakan tabel Analisis, Varian (ANAVA). Hasil uji keberartian regresi diperoleh Fhitung (14,31) > Ftabel (4,11), ini membuktikan bahwa regresi berarti. Koefisien korelasi rxy sebesar 0,544. Uji signifikansi koefisien dengan menggunakan uji t. Hasil yang diperoleh adalah thitung (3,783), sedangkan ttabel pada dk = n – 2 = 34 dan taraf signifikansi 0,05 adalah 1,684, berarti thitung > ttabel. Perhitungan koefisien determinasi menghasilkan rxy2 = 0,5442 = 0,2962. Ini menunjukkan bahwa 29,62% meningkatnya loyalitas merek ditentukan oleh komunitas merek. Kesimpulan penelitian adalah terdapat hubungan yang positif antara komunitas merek dengan loyalitas merek pengguna indosat blackberry. Hal tersebut berarti Semakin tinggi keterlibatan dalam komunitas merek, semakin tinggi loyalitas merek, begitu juga sebaliknya. Kata Kunci: Komunitas Merek, Loyalitas Merek
Bibliografi : lembar 67-69~No Inv.: 5330/S/Perp/14/1c
SW00017492 | SW 17492 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2013.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain