Text
Hubungan antara motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa kelas XI akuntansi pada jurusan akuntansi di SMK Bisnis Indonesia Jakarta
ABSTRAK
ARIE WAHYU WIBOWO. Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa pada SMK Bisnis Indonesia Jakarta Timur. Skripsi, Jakarta : Program Studi Pendidikan Ekonomi, Konsentrasi Pendidikan Akuntansi Jurusan Ekonomi dan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2013.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa pada SMK Bisnis Indonesia Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas XI Jurusan Akuntansi pada semester ganjil tahun ajaran 2012/2013. Metode penelitian yang digunakan adalah metode sensus dengan pendekatan korelasional, sedangkan data yang diperoleh berasal dari data primer dan skunder. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Bisnis Indonesia Jakarta Timur. Populasi terjangkau dari penelitian ini adalah siswa kelas XI program studi Akuntansi berjumlah 69 siswa Untuk menjaring data variabel X (Motivasi Belajar) digunakan kuesioner dengan skala Likert yang disebar kepada siswa SMK Bisnis Indonesia Jakarta Timur. Setelah itu dilakukan uji validitas konstruk melalui proses validitas yaitu perhitungan koefisien korelasi skor butir dengan skor total dan uji realibilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Sedangkan untuk variabel Y (Prestasi Belajar) digunakan data sekunder berupa data raport.Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah mencari persamaan regresi yang didapat adalah Ŷ = 62,43 + 0170X. Selanjutnya adalah uji normalitas galat uji liliefors dan diperoleh Lhitung (Lo) = 0,060 dibandingkan dengan Ltabel (t) = 0,107 pada taraf signifikasi 0,05 maka Lhitung < Ltabel . Hal ini berarti galat taksiran Y atas X berdistribusi normal.Uji keberartian regresi diperoleh Lhitung (28,09) > Ltabel (3,99), ini membuktikan bahwa regresi berarti. Sedangkan uji kelinieran menghasilkan Fhitung (1,00 < Ftabel (1,84), ini berarti modal regresi yang dipakai linier.Uji koefisien korelasi product moment menghasilkan rxy sebesar 0,543. Kemudian dilanjutkan dengan uji signifikasi koefisien dengan menggunakan uji t. Hasil yang diperoleh adalah thitung= 5,30 > ttabel = 1,67.Perhitungan ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar akuntansi. Denganuji koefisien determinasi hasil yang diperoleh sebesar r2 xy = (0,543)2 = 0,2954. Hal ini berarti sebesar 29,54% variasi prestasi belajar siswa ditentukan oleh motivasi elajar. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa di SMK Bisnis Indonesia Jakarta Timur.
Bibliografi : lembar 65~No Inv.: 5315/S/Perp/14/1c
SW00017468 | SW 17468 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2013.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain