Text
Peningkatan hasil belajar IPA tentang energi dan sifatnya melalui pengelolaan laboratorium pada siswa kelas IV SDN Sungai Bambu 04 Petang, Jakarta Utara
ABSTRAK
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA tentang energi dan sifatnya melalui pengelolaan laboratorium IPA pada siswa kelas IV SDN Sungai bambu 04 Petang, Jakarta Utara. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research) model Stephen Kemmis dan Mc. Taggart yang terbagi dalam 4 tahapan perbaikan pembelajaran, antara lain: (1) tahap perencanaan; (2) tahap pelaksanaan; (3) tahap pengamatan; (4) tahap refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari instrumen penilaian hasil belajar IPA tentang energi dan sifatnya serta instrumen pengamatan berupa data pemantau tindakan proses pembelajaran IPA melalui pengelolaan laboratorium IPA.Berdasarkan hasil analisis data yang dilakuakan pada proses perbaikan pembelajaran selama 2 siklus masing-masing dua pertemuan tiap siklusnya menunjukkan bahwa kriteria keberhasilan telah mencapai target yang ditetapkan pada akhir siklus II. Adapun perolehan skor rata-rata penilaian hasil belajar IPA tentang energi dan sifatnya pada akhir pertemuan proses pembelajaran IPA tiap siklusnya, antara lain: (1) siklus I sebesar 74,56; (2) siklus II sebesar 75. Perolehan skor persentase data pemantau tindakan proses pembelajaran IPA tentang energi dan sifatnya melalui pengelolaan laboratorium IPA selama 2 siklus, antara lain: (1) siklus I pertemuan pertama sebesar 60%; (2) siklus I pertemuan kedua sebesar 76,67; (3) siklus II pertemuan pertama sebesar 80%; (4) siklus II sebesar 86,67%. Implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa pengelolaan laboratorium IPA IPA dapat dijadikan salah satu alternatif dalam inovasi proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar IPA tentang energi dan sifatnya pada siswa kelas IV SDN Sungai Bambu 04 Petang, Jakarta Utara.
Kata Kunci : Hasil Belajar, IPA, Pengelolaan LaboratoriumBibliografi : lembar 115-116~No Inv.: 4602/S/Perp/14/1c
SW00016360 | SW 16360 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2013.003) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - PENYIANGAN SKRIPSI 2023 |
Tidak tersedia versi lain