Text
Pengaruh sumber belajar dalam bentuk lembar kerja siswa (LKS)terhadap pemahaman konsep IPA siswa SD kelas IV Wilayah Binaan II Kelurahan Cikiwul Bekasi
ABSTRAK
Vevi Alfiyah. Pengaruh Sumber Belajar dalam Bentuk Lembar Kerja Siswa (LKS) terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa SD Kelas IV Wilayah binaan II Kelurahan Cikiwul Bekasi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta tahun 2012.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris mengenai Pengaruh Sumber Belajar dalam Bentuk Lembar Kerja Siswa (LKS) terhadap Pemahaman Konsep IPA.Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cikiwul II Bekasi, pada bulan Mei sampai dengan Juni. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan design Random Terhadap Subyek.Penelitian ini terdiri dari sampel sebanyak 83 yang diambil secara random. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda yang terdiri dari empat pilihan jawaban. Jumlah soal instrumen adalah 25 butir soal sebelum uji coba dan setelah uji coba terdapat 20 soal yang valid dan 5 soal yang tidak valid atau drop. Uji validitas instrumen dilakukan dengan menggunakan rumus Point Biserial. Hasil perhitungan validitas diperoleh rtabel sebesar 0.361 sedangkan untuk uji reliabilitas dengan menggunakan rumus KR-20 didapat bahwa instrumen memiliki tingkat reliabilitas tinggi. Hasil perhitungan normalitas untuk kelas eksperimen menunjukan bahwa diperoleh Ltabel = 0.351 yang lebih besar dari Lhitung = 0.1280, sedangkan untuk kelas kontrol didapat Ltabel = 1.401 yang lebih besar dari Lhitung = 0.1091, maka data pemahaman konsep IPA SD kelas IV adalah berdistribusi normal.Hasil perhitungan homogenitas didapat Fhitung < Ftabel atau 1.39 < 1.68 berarti varians-varians adalah homogen. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan perhitungan menggunakan uji-t. berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh thitung > ttabel atau 7.33 > 1.67 berarti terdapat pengaruh yang signifikan pengaruh sumber belajar dalam bentuk lembar kerja siswa (LKS) terhadap pemahaman konsep IPA siswa sekolah dasar.Implikasi dari penelitian ini adalah memberikan gambaran tentang pengaruh sumber belajar dalam bentuk lembar kerja siswa (LKS) sebagai pilihan alternatif digunakan oleh guru kelas dalam rangka menumbuhkembangkan pemahaman konsep IPA
Bibliografi : lembar ~No Inv.: 10018/S/Perp/14/1c
SW00014251 | SW 14251 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain