Text
Hubungan antara efektivitas komunikasi interpersonal dan motivasi belajar dengan hasil belajar bahasa Inggris (studi korelasional terhadap warga belajar kesetaraan kejar paket C di PKBM 16, Rawasari Jakarta Pusat)
ABSTRAK
Komunikasi merupakan komponen yang penting dalam sebuah kegiatan pembelajaran. Terutama terjalinnya komunikasi interpersonal dalam pembelajaran bahasa inggris. Karena dengan tercipta nya komunikasi interpersonal yang baik maka akan mempengaruhi motivasi belajar para warga belajar. Sehingga dengan membaiknya motivasi belajar maka akan meningkatkan hasil belajar bahasa ingggris kejar paket C.Berdasarkan dari permasalahan yang ada diatas, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan data empiris untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara efektivitas komunikasi interpersonal dan motivasi belajar dengan hasil belajar bahasa inggris kejar paket C.Penelitian ini dilaksanakan di PKBM Negeri 16 Rawasari Jakarta Pusat sejak bulan Februari 2013 hingga Juni 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian survei dengan pendekatan korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner dan posttest kepada 30 responden warga belajar. Pengambilan sampel menggunakan teknik sistematic random sampling. Metode pengambilan data menggunakan teknik angket tertutup.Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan rumus korelasi Product Moment dari Pearson dimana perhitungannya menggunakan perhitungan manual. Hasil perhitungan koefisien korelasi diketahui rhitung pada X1 = 0,576 dan rhitung X2=0,469, sementara itu hasil pengujian signifikan koefisien korelasi dengan uji t one sample test diperoleh thitung X1= 3,73 dan ttabel X2 = 2,81 sedangkan ttabel = 1,70. Sementara itu koefisien determinasi untuk kedua variabel bebas diperoleh angka sebesar 55,2%. Ini berarti bahwa kontribusi hubungan antara efektifias komunikasi interpersonal dan motivasi belajar sebagai variabel bebas satu 3,2% dan variabel bebas dua adalah 22% sedangkan 44,8% ditentukan oleh faktor lainnya.Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapatnya hubungan positif dan signfikansi antara efektivitas komunikasi interpersonal dan motivasi belajar dengan hasil belajar bahasa inggris kejar paket C. Implikasi penelitian ini yaitu faktor yang berkontribusi terhadap hasil belajar adalah adanya komunikasi interpersonal dan motivasi belajar. Semakin tinggi komunikasi interpersonal dan motivasi belajar maka semakin tinggi pula hasil belajar bahasa inggris kejar paket C
Bibliografi : lembar 100-102~No Inv.: 4597 /S/Perp/14/1c
SW00016364 | SW 16364 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2013.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain