Text
Meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial melalui penerapan metode bermain peran (penelitian tindakan kelas siswa tunarungu kelas III di SDLB B Surya Wiyata, Jatiwaringin Bekasi)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial (IPS) di SDLB B dengan menggunakan metode bermain peran. Penelitian ini dilaksanakan selama Januari sampai Juni pada semester II tahun ajaran 2012/2013. Subyek penelitian ini, yaitu siswa kelas III SDLB bagian Tunarungu, Jatiwaringin, Bekasi berjumlah 7 orang. Penggunaan model penelitian tindakan kelas pada penelitian ini adalah metode dari Kemmis dan Mc Taggrat. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi dengan menggunakan analisis belajar tuntas, yang menghasilkan presentase peningkatan hasil belajar IPS. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan tes tertulis, lembar observasi, dan wawancara. Hasil yang didapat pada pra-tes menunjukan bahwa seluruh siswa belum mencapai nilai batas minimal yang disepakati oleh peneliti dan kolaborator sebagai batas ketuntasan. Konsentrasi siswa dalam pembelajaran kurang fokus dan motivasi belajar masih rendah. Setelah memperoleh data awal dilakukannya tindakan siklus I. Dari hasil akhir pertemuan di siklus I diperoleh data bahwa semua subyek mengalami peningkatan yang baik. Hal ini terlihat dari pemerolehan tes evaluasi siklus I, yang mana terlihat tiga siswa sudah mencapai batas ketuntasan minimal sedangkan empat siswa masih belum mencapai batas ketuntasan minimal. Motivasi belajar dan konsentrasi sudah meningkat. Untuk memperbaiki hasil siklus I diadakan siklus II. Hasil yang diperoleh semua siswa sudah mencapai batas minimum ketuntasan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa metode bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa tunarungu kelas III SDLB B Surya Wiyata, Jatiwaringin, Bekasi.
Kata kunci: Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, Metode Bermain Peran
Bibliografi : lembar 127-128~No Inv.: 1498 /S/Perp/14/1c
SW00016429 | SW 16429 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2013.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain