Text
Implementasi peran komite sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan di SMP Negeri 92 Jakarta
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi peran komite sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan di SMP Negeri 92 Jakarta. Fokus Penelitian 1) Bagaimana peran Komite Sekolah sebagai badan pertimbangan (advisory agency) dalam penyelenggaraan pendidikan 2) Bagaimana peran Komite Sekolah sebagai badan pendukung (supporting agency) dalam penyelenggaraan pendidikan 3) Bagaimana peran Komite Sekolah sebagai badan pengontrol (controlling agency) dalam penyelenggaraan pendidikan 4) Bagaimana peran Komite Sekolah sebagai badan penghubung (mediator agency) dalam penyelenggaraan pendidikan.Penelitian dilakukan di SMP Negeri 92 Jakarta pada bulan Mei sampai dengan bulan Juli 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, studi dokumentasi dan observasi. Sumber data terdiri dari Kepala Sekolah, Komite Sekolah, Guru, dan Orang Tua Siswa.Hasil Penelitian : 1) Peran komite sekolah sebagai badan pertimbangan 2) Peran komite sekolah sebagai badan pendukung 3) Peran komite sekolah sebagai badan pengawas 4) Peran komite sekolah sebagai badan penghubung sudah dijalankan walaupun belum optimal. Komite Sekolah SMP Negeri 92 Jakarta sudah menjalankan keempat peranannya walaupun secara keseluruhan belum bisa dikatakan sempurna. Akan tetapi telah banyak kontribusi yang diberikan komite sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan, baik secara sumbang ide dan tenaga. SMP Negeri 92 Jakarta telah berusaha mengoptimalkan peran komite sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan.
Kata Kunci : Komite Sekolah, Manajemen Pendidikan
Bibliografi : lembar 101-102~No Inv.: 4599 /S/Perp/14/1c
SW00016171 | SW 16171 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2013.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain