Text
Gambaran tanggung jawab siswa kelas X-C SMA Negeri 31 Jakarta Timur
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai tanggung jawab siswa kelas X – C di SMAN 31 Jakarta Timur berdasarkan data atau fakta yang ada di lapanganPenelitian ini dilakukan di SMAN 3 Jakarta Timur, dengan sampel siswa kelas X –C yang berjumlah 39 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan dalam hal ini adalah metode survei yang bersifat deskriptif. Selanjutnya alat pengumpul data yang digunakan adalah kuesioner dengan bentuk skala penilaian dengan empat pilihan jawaban. Uji validitas butir instrumen menggunakan teknik item total correlation dengan rumus Product Moment Pearson, dari 56 item yang diujicobakan pada 38 siswa, diperoleh 41 item yang valid dengan korelasi r hitung ≥ r table. Uji Reliabilitas instrumen menggunakan teknik Single Trail Administration dengan rumus Alpha Cronbach dan diperoleh r11 = 0.742 untuk instrumen yang diberikan pada siswa. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai tanggung jawab 12 siswa (30.76%) berada pada kategori rendah, yaitu siswa masih kurang memiliki tanggung jawab dalam dirinya. 10 siswa (25.64%) berada pada kategori sedang, yaitu siswa sudah memiliki cukup tanggung jawab dalam dirinya namun masih perlu ditingkatkan, 17 siswa (43.58%) lainnya berada pada kategori tinggi yang menunjukan bahwa siswa sudah memiliki tanggung jawab yang tinggi dalam dirinya.Implikasi penelitian ini, yakni bagi guru BK di sekolah dapat melakukan layanan klasikal tentang pentingnya tanggung jawab, dan dapat menggunakan Metode Penugasan atau Resitasi untuk dapat mengembangkan tanggung jawab siswa.
Kata kunci: tanggung jawab
Bibliografi : lembar 63-64~No Inv.: 10026/S/Perp/14/1c
SW00013773 | SW 13773 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain