Text
Meningkatkan hasil belajar matematika melalui penggunaan metode permainan ular tangga (penelitian tindakan kelas pada siswa tunagrahita kelas VII SMPLB C Dharma Asih Depok)
ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penggunaan metode permainan ular tangga pada siswa tunagrahita kelas VII di SMPLB C Dharma Asih. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa tunagrahita kelas VII di SMPLB C Dharma Asih Depok sebanyak 4 orang pada semester II tahun akademik 2012/2013 dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siswa tunagrahita kelas VII di SMPLB C Dharma Asih Depok, maka diperoleh rata-rata peningkatan hasil belajar matematika siswa pada siklus II sebesar 61,6%. Dari 4 subjek yang ada, diketahui bahwa tingkat penguasaan matematika siswa tungrahita mengalami peningkatan. Tingkat penguasaan siswa FR berada di skor tertinggi yaitu 73%. Tingkat penguasaan ADK berada di peringkat kedua dengan skor 66,7%. Tingkat penguasaan SL berada di peringkat ketiga dengan skor 60%. Dan tingkat penguasaan AD berada pada skor terendah yaitu 46,7%. Dengan demikian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode permainan ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa tungrahita kelas VII di SMPLB C Dharma Asih Depok. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah pembelajaran matematika siswa tunagrahita kelas VII akan lebih efektif dan efisien jika menggunakan metode permainan ular tangga.
Kata Kunci: Hasil Belajar matematika, metode permainan ular tangga, dan siswan tunagrahita
Bibliografi : lembar 113-114~No Inv.: 2119/S/Perp/14/1c
SW00016206 | SW 16206 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2013.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain