Text
Perencanaan pembelajaran untuk siswa berkebutuhan khusus di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif
ABSTRAK
Fadil Suryawijaya Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fakta sesungguhnya dalam perencanaan pembelajaran untuk siswa berkebutuhan khusus di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Jatinegara Kaum 14 Pagi, Jatinegara Kaum, Jakarta Timur yang berlangsung pada bulan Maret-Juni 2013 dengan sumber data perencanaan pembelajaran dan guru kelas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang lebih menekankan pada proses sehingga menggambarkan situasi apa adanya tentang hasil temuan di lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara semistruktur, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan pengetahuan guru mengenai siswa berkebutuhan khusus yang masih sangat kurang. Dalam membuat perencanaan pembelajaran, guru kelas melakukannya sendiri tanpa melibatkan pihak lain. Perencanaan pembelajaran yang dibuat dan digunakan untuk siswa berkebutuhan khusus tidak mengalami perubahan dengan perencanaan pembelajaran siswa regular. Serta kurikulum yang digunakan tidak mengalami modifikasi dalam tujuan, materi, proses, dan evaluasi.
Kata Kunci: Perencanaan Pembelajaran, siswa berkebutuhan khusus di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif
Bibliografi : lembar 75-76~No Inv.: 4611/S/Perp/14/1c
SW00016269 | SW 16269 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2013.004) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - PENYIANGAN SKRIPSI 2023 |
Tidak tersedia versi lain