Text
Daya terima konsumen terhadap kue keciput dengan substitusi tepung singkong
DAYA TERIMA KONSUMEN TERHADAP KUE KECIPUT
DENGAN SUBSTITUSI TEPUNG SINGKONG
RIA ANGGRAINI
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perbedaan daya terima konsumen pada
kue keciput substitusi tepung singkong dengan persentase 20%, 40% dan 60%. Penelitian pembuatan
kue keciput substitusi tepung singkong dilakukan di Laboratorium Pastry Bakery Program Studi Tata
Boga Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta, dari bulan Maret
sampai Juli 2013. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah kue
keciput substitusi tepung singkong, sampel penelitian ini adalah kue keciput substitusi tepung singkong
dengan persentase 20%, 40% dan 60%. Pengujian daya terima konsumen dilakukan oleh 30 panelis agak
terlatih. Hasil deskripsi data menunjukan bahwa formula kue keciput subtitusi tepung singkong 20%
merupakan formula yang paling disukai, dari aspek warna dengan rata-rata 4,5 dari aspek aroma
4,53dari aspek tekstur dengan rata-rata 4,5 dan aspek rasa dengan rata-rata 4,53 dengan skala kategori
rentangan suka hingga sangat suka. Hasil hipotesis statistik dengan Uji Friedman dengan taraf signifikan
α = 0,05, menunjukan tidak ada perbedaan daya terima konsumen pada kue keciput substitusi tepung
singkong pada ketiga perlakuan.Kata kunci : Tepung singkong, Kue Keciput, Daya terima konsumen
Bibliografi : lembar 66~No Inv.: 5917/S/Perp/14/1c
SW00016939 | SSW 16939 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2013.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain