Text
Perencanaan sistem rekam jejak alumni Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
DIAN MARLIYANA, Pengaruh Multimedia Pembelajaran Interaktif CAI model
Instructional Games Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Pengetahuan Tekstil. Skripsi.
Jakarta: Program Studi Tata Busana, Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik,
Universitas Negeri Jakarta, 2013.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data tentang pengaruh multimedia
pembelajaran interaktif CAI (Computer-Assisted Instruction) model Instructional Games
terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Pengetahuan Tekstil. Pelaksanaan
penelitian di prodi Tata Busana Universitas Negeri Jakarta pada semester ganjil, tahun
akademik 2012-2013. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-eksperimental
design dengan model one-shut case study dan teknik pengambilan sampel adalah sampling
jenuh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang sedang mengikuti mata
kuliah Pengetahuan Tekstil. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas data menunjukkan
bahwa data berdistribusi normal. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t-dependen menghasilkan
dengan nilai ρvalue 0,000, maka dapat disimpulkan bahwa ρvalue < α(0,05) maka Ho ditolak yang
berarti rata-rata hasil belajar setelah menggunakan media instructional games lebih tinggi
dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar sebelum menggunakan media instructional games.
Dengan kata lain, terdapat pengaruh positif hasil belajar pada materi sermesat protein antara
sebelum dan setelah pembelajaran menggunakan media instructional ga.
Bibliografi : lembar 61~No Inv.: 5925/S/Perp/14/1c
SW00016930 | SW 16930 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2013.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain