Text
Penerapan metode explicit instruction terhadap hasil belajar dalam mengolah cokelat praline pada siswa SMALB (C)Tunagrahita ringan Bekasi Jaya
PENERAPAN METODE EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP HASIL
BELAJAR DALAM MENGOLAH COKELAT PRALIN PADA SMALB (C)
TUNAGRAHITA RINGAN BEKASI JAYA.
ABSTRAK
NUR GERHANA PUTRI Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui penerapan metode
Explicit Instruction terhadap hasil belajar dalam mengolah cokelat praline pada SMALB (C) tunagrahita
ringan yang meliputi aspek bentuk dan kerapihan. Penelitian ini dilakukan di SMALB (C) Tunagrahita
ringan Bekasi Jaya. Penelitian ini menggunakan metode explicit instruksi. Populasi pada penelitian ini
adalah siswa tunagrahita, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 6 responden yang telah terpilih
sesuai dengan batas kemampuan. Mengingat jumlah populasi penelitian hanya 6 orang maka populasi
diteliti secara keseluruhan. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan menggunakan analisis
deskriptif. Analisis deskriptif menunjukkan bahwa penerapan metode Explicit Instruction terhadap hasil
belajar siswa dalam membuat cokelat praline adalah baik. Tingkat pelaksanaan praktik siswa
keseluruhan menunjukkan keadaan yang baik, yaitu siswa mampu melakukan metode explicit
instruction dengan tetap didampingi oleh peneliti.Tingkat proses evaluasi dengan rata-rata keseluruhan
menunjukkan keadaan yang baik yaitu mendapat hasil bagus dan rapih. Secara keseluruhan, pencapaian
metode explicit instruction dalam mengolah cokelat pralin pada siswa SMALB (C) Tunagrahita adalah
nilai yang baik. Kata kunci : metode Explicit Instruction, cokelat pralin, tunagrahita
Bibliografi : lembar 48~No Inv.: 5565/S/Perp/14/1c
SW00017009 | SW 17009 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2013.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain