Text
Strategi bauran pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan daya saing di sekolah dasar Islam Terpadu Permata Hati Bekasi
STRATEGI BAURAN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU PERMATA HATI BEKASI
Septika Rahayu
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris mengenai strategi pengembangan produk, strategi penetapan harga, strategi promosi, dan strategi bukti fisik dalam meningkatkan daya saing. Penelitian ini dilakukan di SDIT Permata Hati pada bulan Maret sampai Juli 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, studi dokumentasi, dan pengamatan. Informan kunci dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dengan informan pendukung yaitu guru, kepala tata usaha, ketua yayasan, dan orangtua siswa. Hasil penelitian ini adalah SDIT Permata Hati memiliki core product yaitu sekolah full day dengan program yang dibuat sebagai ciri khas yang bertujuan untuk menawarkan dan memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya orangtua dan digunakan sebagai strategi dalam mencapai keunggulan bersaing. Biaya yang ditetapkan oleh sekolah didasari atas beberapa faktor. Strategi yang digunakan sekolah dalam menetapkan harga adalah parity pricing dan multiple pricing, strategi ini digunakan untuk menarik perhatian dan meningkatkan persaingan. Sekolah menggunakan strategi word of mouth untuk promosi yang efektif dengan tujuan memberikan informasi dan mengingatkan terhadap kualitas yang dihasilkan. Sarana atau bukti fisik yang ada diciptakan dengan nuansa go green dan safety, kedua aspek tersebut digunakan untuk menarik perhatian masyarakat dan meningkatkan persaingan. Implikasi dan saran dari penelitian ini adalah tercapainya tujuan sekolah untuk tetap unggul dari sekolah pesaing dan berprestasi di berbagai bidang dengan terus konsistensi untuk selalu meningkatkan pendidikan yang berkualitas bagi siswanya dan dapat memenuhi kebutuhan orangtua, sehingga dengan sendirinya sekolah dapat meningkatkan daya saing dan mempertahankan eksitensi sekolah agar tidak kehilangan peserta didik.
Kata Kunci: Strategi, bauran pemasaran, pendidikan, daya saing.
Bibliografi : lembar 89~No Inv.: 4638/S/Perp/13/1c
SW00016190 | SW 16190 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2013.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain