Text
Pengaruh substitusi RASI (Beras Singkong) pada pembuatan arem-arem terhadap daya terima konsumen
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis daya terima konsumen pada aremarem
subtitusi rasi (beras singkong) dengan persentase 40%, 50% dan 60%. Penelitian pembuatan arem-arem
substitusi rasi (beras singkong) dilakukan di Laboratorium Pengolahan, Program Studi Tata Boga, Jurusan
Ilmu Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta, dari bulan Juli 2012 sampai 27
Februari 2013. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Pengujian daya terima konsumen
ilakukan oleh 30 panelis agak terlatih. Hasil deskripsi data menunjukkan bahwa formula yang paling
banyak disukai, dengan rata-rata dari aspek rasa, warna, aroma dan tekstur adalah 4,23 artinya rata-rata
semua aspek sama. Manakala hasil hipotesis statistik dengan Uji Friedman dngan taraf signifikan α =
0,05, menunjukkan tidak ada perbedaan daya terima konsumen pada arem-arem substitusi rasi (beras
singkong) pada ketiga perlakuan. Maka dapat disimpulkan bahwa arem-arem dengan substitusi rasi
(beras singkong) 40%, 50% dan 60% dapat diterima oleh konsumen baik untuk aspek rasa, warna,
aroma, dan tekstur. Kata kunci : Rasi (beras singkong), arem-arem, daya terima konsumen
Bibliografi : lembar 71~No Inv.: 6010/S/Perp/14/1c
SK031613 | SK 664.753 Mar p | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2013.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain