Text
Pengaruh lingkungan keluarga dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa akuntansi SMK Negeri 31 Jakarta Pusat
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X Jurusan Akuntansi SMK Negeri 31 Jakarta Pusat, baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan dokumen, wawancara dan kuesioner. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 31 Jakarta Pusat yang berjumlah 72 orang siswa dengan sampel 58 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis yang terdiri atas uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa ada pengaruh secara parsial antara lingkungan keluarga dengan hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 2,691 lebih besar dari ttabel sebesar 2,004. Fasilitas belajar secara parsial juga terdapat pengaruh terhadap hasil belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitungsebesar 8,226 lebih besar dari ttabel sebesar 2,004. Secara simultan ada pengaruh antara lingkungan keluarga dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 42,892 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,15. Terdapat pengaruh yang positif dan berarti antara lingkungan keluarga dan fasilitas belajar dengan hasil belajar dengan koefisien korelasi ganda 0,781 dengan demikian, hipotesis penelitian diterima,
selanjutnya diketahui koefisien determinasi (R 2) sebesar 60,9%.
Kata Kunci: Lingkungan Keluarga, Fasilitas Belajar, Hasil Belajar
Bibliografi : lembar 91-93
SS00005704 | SK 5704 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain