Text
Pengaruh pemanfaatan perpustakaan dan minat belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa SMK Negeri 10 Jakarta
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara pemanfaatan perpustakaan dan minat belajar dengan prestasi belajar akuntansi siswa kelas XIakuntansi SMK N 10 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan akuntansi SMK Negeri 10 Jakarta dan populasi terjangkau adalah seluruh siswa kelas XI jurusan akuntansi yang berjumlah 66 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 58 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan dokumen dan kuesioner. Teknik analisis data dengan menggunakan SPSS 21.0 dengan mencari uji persyaratan analisis. Uji normalitas sebesar 0,982 lebih besar dari taraf signifikansi 0,05 maka data berdistribusi normal. Hasil uji linieritas X1dengan Y sebesar 0,000 dan uji linieritas X2 dengan Y sebesar 0,000 yang keduanya kurang dari signifikansi 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa X1dengan Y dan X2 dengan Y mempunyai hubungan yang linier. Persamaan regresi yang didapat adalah . Uji hipotesis yaitu uji F dalam tabel ANOVA menghasilkan F hitung (78,165) > F tabel (3,16), hal ini berarti X1 dan X2 berpengaruh secara serentak dengan Y. Uji t menghasilkan t hitung X1(2,402) > t tabel (2,004) dan t hitung X2 (2,689) > t tabel (2,004). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara pemanfaatan perpustakaan dengan prestasi belajar dan minat belajar dengan prestasi belajar. Hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara pemanfaatan perpustakaan dan minat belajar dengan prestasi belajar akuntansi dengan koefisien korelasi ganda 0,860 yang berarti hipotesis penelitian diterima, dan selanjutnya diketahui koefisien determinasi (R2)sebesar 74%.
Kata Kunci: Prestasi Belajar, Pemanfaatan Perpustakaan, Minat Belajar.
Bibliografi : lembar 96-98
SS00005724 | Sk 5724 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain