Text
Pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan prestasi belajar terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi siswa kelas XII akuntansi SMKN 44 Jakarta
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orah Tua dan Prestasi Belajar terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi Siswa kelas XII Program Keahlian Akuntansi SMKN 44 JAKARTA Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, kuesioner dan pencatatan dokumen. Populasi terjangkau penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII program keahlian Akuntansi SMK N 44 Jakarta sebanyak 67 siswa, sedangkan jumlah sampel sebesar 58 siswa yang dipilih secara acak. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan linieritas. Pengujian asumsi klasik menggunakan uji multikolinieritas dan heterokedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda dan analisis koefisien korelasi ganda. Hasil penelitian ini adalah (1) Status Sosial Ekonomi Orang Tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi yang ditunjukkan dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 4,92 > 2,004, koefisien korelasi (r) sebesar 0,553 yang artinya keeratan hubungan antar variabel sedang, koefisien determinasi sebesar 0,3058 yang artinya sebesar 30,6% variabel ini mempengaruhi Minat Melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, (2) Prestasi Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yang ditunjukkan dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 2,67> 2,004, koefisien korelasi (r) sebesar 0,339 yang artinya keeratan hubungan antar variabel cukup rendah, koefisien determinasi sebesar 0,1149 yang artinya sebesar 11,5% variabel ini mempengaruhi Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi, (3) Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Prestasi Belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi yang ditunjukkan dengan nilai F hitung lebih besar dari F tabel sebesar 23,374 > 3,16, koefisien korelasi (R) sebesar 0,678 yang artinya keeratan hubungan antar variabel kuat, koefisien determinasi sebesar 0,459 yang artinya sebesar 45,9% kedua variabel ini secara bersama-sama mempengaruhi Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan
Tinggi
Bibliografi : lembar 83-85
SS00005712 | SK 5712 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain